KARATE UNY MEMBORONG MEDALI DI AJANG SOUTHEAST ASIAN UNIVERSITY KARATE CHAMPIONSHIP SEBELAS MARET CUP

14
Mar
2019

Prestasi yang luar biasa dan untuk kesekian kalinya kembali ditunjukkan oleh tim karate UNY di ajang kejuaraan Southeast Asian University Karate Championship Sebelas Maret Cup, yang berlangsung di GOR Sritex Arena Surakarta, pada tanggal 8 – 10 Maret yang lalu. Kejuaraan yang diadakan 2 tahun sekali ini mengangkat tema “Brave to Break the Limit”.

Kejuaraan karate mahasiswa se-Asia Tenggara ini diikuti oleh beberapa negara selain Indonesia, antara lain Malaysia, Singapura, Timor Leste, dan Brunei yang diikuti oleh 324 peserta. Pada kesempatan kali ini UNY menurunkan 14 atlet terbaiknya untuk bertanding di ajang bergengsi ini. Usaha, kerja keras, serta kedisiplinan latihan dari para karateka akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan, setelah sebelumnya sempat berjaya dibeberapa kejuaraan bergengsi seperti GKR Hemas Cup, Kejuaraan Nasional Karate Sunan Kalijaga Cup, dan USU International Open Karate Championship. Pada kesempatan kali ini, para karateka dari UNY kembali berhasil membanggakan UNY dengan menjadi Juara Umum 2 dengan membawa 4 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Adapun para karateka putri yang berhasil meraih medali emas yaitu Nur Ainul Fitri FIK/IKOR’16-kelas kumite 50 kg, Era Septiyani FIK/PKO’16-kelas kumite 55 kg, Virsa Agil Fauzia FIK/PKO’16 serta Kumite beregu putri yang terdiri dari Nur Ainul Fitri FIK/IKOR’16, Era Septiyani FIK/PKO’16, Nur Hikmah FIK/PKO’16, Virsa Agil Fauzia FIK/PKO’16, dan Sasti Virgine Javanti FBS/PBSI’18. Untuk medali perak berhasil dibawa pulang oleh Yusuf Soleh FIK/PJKR’18-kelas kumite 67 kg. Adapun peserta yang berhasil meraih medali perak yaitu Fedika Kalbuadi FIK/PJKR’16 untuk kelas putra, dan Sati Virgine Javanti FBS/PBSI’18. Selain mendapatkan medali emas, perak, serta perunggu, salah satu karateka putri yaitu Era Septiyani berhasil mendapatkan Gelar Best of The Best dalam kejuaraan ini.

Keberhasilan dari tim karateka UNY ini juga tentu karena dukungan para pelatih, terutama dari pembina UKM Karate UNY yaitu Sensei Danardono, yang tiada hentinya memberi semangat serta dukungan penuh kepada para atletnya untuk terus berlatih agar bisa memenangkan berbagai kejuaraan baik di tingkat Nasional dan Internasional. “Kami sangat bangga dengan prestasi luar biasa dari para atlet karate dan kami sudah menyiapkan diri sejak satu tahun terakhir untuk bisa memenangkan berbagi kejuaraan ini”, ungkap Danardono. (Rani)

submitted by humas