KOMUNIKASI EFEKTIF SEBAGAI PERANTARA ANTAR INDIVIDU

1
min read
A- A+
read

Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan, setiap manusia pasti butuh berkomunikasi dengan orang lain. Berbagai teknik komunikasi antar individu telah dikembangkan sejak zaman prasejarah. Maka tak heran jika ‘bahasa’ disebut-sebut sebagai ilmu paling tua dalam sejarah. Karena bahasa adalah bentuk nyata komunikasi yang dibutuhkan setiap orang, buka Erina Chusnulita, SP., MMA, motivator sekaligus salah satu penyiar dari ADI TV.

Namun ternyata, hingga kini tidak banyak orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif. Sehingga kemudian banyak kita temukan perselisihan hanya gara-gara salah paham. Padahal yang demikian sebenarnya tidak perlu terjadi jika Anda dapat menguasai skill komunikasi efektif.

Rita Wulandari SE dari Era Life Skill Solution mengungkapkan bahwa komunikasi sendiri dapat didefiniskan sebagai sebuah kegiatan saling bertukar ide, informasi, perasaan atau sikap antar individu baik secara langsung maupun melalui media tertentu sebagai perantara. Sedangkan komunikasi yang efektif adalah cara berkomunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada lawan bicara Anda, membuat mereka setuju dengan pendapat/ide Anda tanpa terjadi friksi atau gesekan.

Rita menambahkan Komunikasi Efektif memiliki banyak manfaat antara lain Meningkatkan kinerja karyawan dengan komunikasi yang kompak dalam tim, dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan (divisi promosi/marketing), dapat digunakan untuk Handling Complaint agar stakeholder tidak kecewa, dapat digunakan untuk Public Relation dalam menjalin kerjasama. Kegiatan ini diselingi dengan games-games seru sebagai ice breaker peserta. (ant)