PRESTASI GEMILANG TIM KARATE UNY DI AJANG KEJURDA INKAI 2019

1
min read
A- A+
read

Prinsip untuk selalu rajin berlatih serta semangat untuk menang dalam berbagai kompetisi, itulah yang dimiliki oleh tim karate dari Universitas Negeri Yogyakarta sehingga bisa selalu unggul dan mendapat juara, seperti dalam ajang kompetisi Kejuaraan Daerah INKAI 2019,  yang berlangsung di SMKN 4 kemarin pada tanggal 17- 18 Agustus. Dalam kesempatan kali ini tim karate dari UNY menurunkan 30 orang peserta untuk bertanding yang terdiri 20 orang dari luar UNY atau umum, serta 10 orang mahasiswa UNY, dan didampingi 4 official serta 3 orang pelatih. Dalam Kejurda INKAI ini kelas pertandingan terbagi atas 2 kelas, yaitu yang pertama kelas festival yang diikuti oleh anak- anak dan kelas umum yang diikuti oleh siswa SMP, SMU, serta Mahasiswa.

Usaha serta latihan keras dan rutin yang selama ini dilakukan tim karate UNY tidak sia- sia karena pada kesempatan kali ini berhasil menduduki peringkat I dan berhasil membawa pulang 10 medali emas, 5 perak, serta 2 perunggu.  Atlit karate UNY mempunyai jadwal latihan yang cukup padat  yaitu sekitar 4 x dalam seminggu, 3 kali untuk latihan rutin serta 1 x latihan khusus untuk lebih memperdalam teknik- teknik yang ada dalam ilmu karate. Pelatih sekaligus pembina UKM  karate UNY, Sensei Danardono mengatakan bahwa untuk siap bertanding, para atlitnya harus menguasai materi, menjalani beberapa program latihan secara bertahap, serta menambah jam terbang dalam mengikuti berbagai perlombaan.

Prestasi dalam Kejurda INKAI kali ini bukanlah yang pertama bagi tim karate dari UNY, melainkan sudah yang ke 14 kali secara berturut- turut setiap tahun, UNY berhasil menduduki juara umum atau peringkat I. Pada Tahun 2019 ini sebelum berjaya diajang  Kejurda INKAI, atlit karate dari UNY sudah beberapa kali memenangi kejuaraan baik itu nasional maupun internasional seperti pada Kejuaraan Nasional Karate Sunan Kalijaga Cup, USU International Open Karate Championship, serta yang terakhir kemarin yaitu Southeast Asian University Karate Championship Sebelas Maret Cup, dan dalam waktu dekat ini para atlit akan bersiap untuk menghadapi Pekan olahraga Mahasiswa (POMNAS) , serta Pekan Olahraga Daerah (PORDA) .

Sebagai pelatih sekaligus pembina UKM karate, Sensei Danardono merasa sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh atlit- atlitnya, karena walaupun ditengah- tengah liburan mereka masih tetap giat serta aktif berlatih (rani)