PROGRAM GERJO EDU-ECO WISATA SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN MAHASISWA UNY MELALUI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)

10
Sep
2019

Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diketuai oleh Anggraini Riandani (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman) telah menjalankan Program Gerjo Edu-Eco Wisata di Dusun Gerjo, Grogol, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Selama menjalankan program tersebut, dia dibantu oleh Sukarno (Pendidikan Bahasa Inggris), Dwi Larasati (Pendidikan Bahasa Daerah), Dika Andri Pradana (Pendidikan Bahasa Jerman) dan Teguh Bangun Satria (Pendidikan Bahasa Daerah).

Program ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda Dusun Gerjo dengan mengadakan pelatihan pengelolaan desa wisata. Pelatihan yang telah dilakukan meliputi Pelatihan menggali dan mengembangkan potensi desa, mengelola desa wisata, menjadi pemandu wisata hingga mempromosikan desa wisata tesebut. Hasil akhir yang telah dicapai yaitu terwujudnya Gerjo Edu-Eco Wisata.

Wisata alam dengan konsep fieldtrip ini sangat cocok bagi masyarakat yang membutuhkan liburan untuk menenangkan fikiran setelah suntuk beraktivitas. Wisata ini juga cocok bagi masyarakat yang merasa bosan dengan hiruk pikuk perkotaan. Wisatawan dapat merasakan nuansa pedesaan yang kental serta kearifan lokal warga Dusun Gerjo.

Setiap pengunjung dapat mengikuti berbagai macam kegiatan yang telah disediakan oleh pengelola seperti belajar berkebun sayuran menggunakan media polybag, mengolah hasil perkebunan menjadi makanan khas daerah Gerjo dan juga menelusuri 19 sungai yang memiliki nama beserta cerita-cerita yang unik. Ditambah lagi pemandangan pedesaan yang indah dan asri juga sangat cocok untuk generasi milenial mengabadikan momen liburannya.

Dengan adanya program ini diharapkan pendapatan masyarakat dapat bertambah. Di samping itu juga sekaligus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Gerjo pada khususnya dan masyarakat Gunungkidul pada umumnya melalui sektor pariwisata.

submitted by humas