UPAYA UPT PERPUSTAKAAN UNY DALAM MELITERASI TEKNOLOGI MEDIA BARU

1
min read
A- A+
read
UPAYA UPT PERPUSTAKAAN UNY DALAM MELITERASI TEKNOLOGI MEDIA BARU

Perkembangan Teknologi membuat manusia harus mampu beradaptasi untuk memanfaatkan kemudahan yang ada. Kehadiran Digital Library UNY memberikan dampak yang cukup baik bagi mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir dalam mencari referensi dalam membantu penugasan tugas akhir maupun untuk mahasiswa baru atau mahasiswa tingkat tengah dalam mengerjakan tugas perkuliahan.

Kehadiran media baru harus mampu digunakan dengan benar. Hal ini membutuhkan literasi yang membantu menggunakan media baru dengan efektif. UPT Perpustakan UNY mengadakan sosialisasi penelurusan ebook dan jurnal pada Selasa (30/04) di basement digital libray UNY dengan pembicara Erik Junikon dari Ebsco dan Joan dari Cambridge. Acara dilakukan dalam dua sesi yaitu sesi pagi dan sore.

Sosialisasi penelurusan ebook dan jurnal sudah diadakan seminggu yang lalu untuk mahasiswa pascasarjana. Sedangkan untuk saat ini diikuti oleh mahasiswa S1 dan D3. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini pada sesi 1 ada sebanyak 40 mahasiswa sedangkan pada sesi 2 ada 51 mahasiswa yang bergabung. Pembukaan acara ini dilakukan oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Margana. M.Hum, M.A.

Prof. Dr. Margana. M.Hum, M.A mengatakan sosialiasi penelusuran ebook dan jurnal menjadi sarana untuk meliterasikan diri dan membiasakan diri untuk menggunakan komputer. Selain itu, beliau berharap melalui acara dapat membawa mahasiswa menjadi luar biasa dan lebih benar dalam menggunakan internet dengan baik.

Selain untuk membantu mahasiswa dalam memahami penulisan jurnal dengan benar, Dr. Zamtinah M.Pd selaku kepala UPT Perpustakaan UNY mengatakan bahwa kegiatan ini membantu mahasiswa untuk menelusuri mencari sumber bacaan atau literasi yang benar. Beliau mengatakan seringkali pustaka banyak bertanya mengenai penelusuran jurnal yang tepat. Dr. Zamtinah M.Pd mengatakan acara ini akan menjadi acara tahunan UPT Perpustakaan UNY

Salah satu peserta dalam acara sosialiasi penelusuran ebook dan jurnal, Mutiarawati mahasiswa Pascasarjana UNY yang pada waktu sosialisasi sebelumnya sempat ikut namun ada pertanyaan yang belum ditanya kembali menghadiri acara ini. Dia memberikan pendapat bahwa acara ini sangat membangun dalam penugasan mengenai berbagai jurnal yang ada. Selain itu Harapan Mutiarawati melalui acara ini dapat lebih pandai menulis jurnal baik berbayar maupun tidak. (Prisca Devina/JK)