Bebek Restorasi Sabet Juara Nasional Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia

1
min read
A- A+
read

Dana Brata dan tim dengan piagam penghargaan

UNY meraih sejumlah penghargaan dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo yang digelar di UPN Veteran Jawa Timur Surabaya 22-25 November 2022. UNY mendapat penghargaan sebagai Juara 1 Kategori Jasa Dan Perdagangan dengan usaha Bebek Restorasi, Juara 2 Kategori Industri Kreatif, Seni Budaya Dan Pariwisata dengan usaha CIP Janggel dan Juara Harapan 2 Kategori Produksi Dan Budidaya dengan usaha Honey House. Selain itu UNY juga mendapatkan juara 1 kategori booth/stand pameran.

Pendamping tim UNY Hamdhan Djainudin, M. Pd merasa gembira dengan capaian ini dan berharap agar tahun depan dapat lebih meningkat capaian prestasinya. “Para peserta KMI Expo telah melalui seleksi yang panjang sejak Maret, mulai dari seleksi internal, masuk seleksi nasional lolos dan terdanai lalu dipilih yang lolos ikut Expo ini” kata Hamdhan Djainudin, Minggu (27/11). Dikatakannya bahwa pada saat lomba para mahasiswa UNY tersebut ditraining latihan hingga pukul 01.30 WIB. Hasilnya cukup memuaskan dan para juara mendapatkan piala dan uang penghargaan.

Pemilik usaha Bebek Restorasi, Dana Brata merasa sangat bersyukur atas capaian ini. “Banyak komentar positif, saran dan kritik terhadap usaha ini. Dan juri sendiri sangat tertarik” katanya. Menurut mahasiswa prodi teknik manufaktur Fakultas Teknik tersebut bisnis restorasi termasuk usaha yang jarang dijumpai, dan merupakan bisnis yang tidak mudah dijalani karena keterbatasan stok suku cadang. Selain itu customernya hanya dari kalangan tertentu. Bebek Restorasi adalah usaha menyegarkan kembali tampilan sepeda motor lawas sehingga seperti keluar dari dealer, namun Dana Brata hanya berkonsentrasi pada jasa penyegaran kembali Honda Astrea series mulai dari Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima hingga Astrea Grand dan Legenda. Selain mengembalikan wujud motor lawas seperti baru lagi, customer Bebek Restorasi banyak yang ingin mengembalikan kenangan motor itu pada masa lalu, mulai dari yang membeli motor itu sebagai motor pertamanya, kenangan saat menempuh kuliah hingga kenangan bahwa motor Honda Astrea itu merupakan milik almarhum orang tua.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi

 

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus