DRIVE THRU PENGAMBILAN TOGA WISUDA PERIODE JUNI 2021

1
min read
A- A+
read

DRIVE THRU PENGAMBILAN TOGA WISUDA PERIODE JUNI 2021

“Sehubungan dengan situasi Pandemi Covid-19 baik tingkat nasional maupun DIY yang semakin meningkat, namun wisuda Program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor Universitas Negeri Yogyakarta tetap harus dilaksanakan sesuai kalender akademik yaitu tanggal 26 Juni 2021. Walaupun demikian harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, termasuk juga pelaksanaan pembagian toga, “ demikian dikatakan Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. di sela-sela memantau pelaksanaan drive thru pengambilan toga di samping Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (21/6).

Drive thru pengambilan toga dilaksanakan untuk calon wisudawan yang bertempat atau tinggal di sekitar Yogyakarta. “Ini kami mencoba untuk yang lebih praktis, untuk daerah yang di Yogyakarta dan  sekitarnya, itu pengambilan toga dengan sistem drive thru yang dilaksanakan selama dua hari (Senin dan Selasa),” kata Setyo Budi.

Seperti yang dikatakan Setyo Budi, harapannya dengan drive thru ini calon wisuda memahami langkah yang diambil melalui mekanisme yang ketat. “Harapannya calon wisudawan memahami ketatnya pelaksanaan ini, demikian juga nanti waktu pengembalian toga pun, dikembalikan secara drive thru, tentunya waktu pengembalian harus lebih hati-hati lagi, karena kemasan toganya dibawa oleh orang lain yang masuk ke UNY, tentunya petugasnya akan lebih berhati-hati,” Setyo Budi menjelaskan.

Adapun calon wisuda yang akan mengikuti wisuda periode Juni 2021 berjumlah 1133 wisudawan. Dari jumlah tersebut, toga yang dibagi secara drive thru sebanyak 397 buah sedangkan sisanya dikirimkan berdasarkan alamat yang ditulis pada form pendaftaran wisuda. Sedangkan pelaksanaan wisuda akan dilaksanakan secara luring dan daring yang akan disesuaikan dengan menyingkat waktunya, juga dengan mengurangi jumlah peserta yang luring.

Koordinator Akademik dan Registrasi  BAKK, Rizka,, M.Pd., menyampaikan alur  pengambilan toga meliputi calon wisudawan  memasuki rektorat UNY melalui pintu timur diarahkan ke arah barat Auditorium; calon wisudawan sebelum masuk ke tempat pengambilan toga diminta menyiapkan print out Kartu Tanda Pengambilan Toga dan KTM lalu diarahkan ke meja petugas sesuai fakultas masing-masing; calon wisudawan yang menggunakan motor dilayani di meja sebelah timur dan yang menggunakan mobil dilayani di meja sebelah barat; calon wisudawan setelah sampai meja sesuai fakultas masing-masing menunjukkan KTM dan print out Kartu Pengambilan Toga (untuk discan barcode oleh petugas) seelah syarat terpenuhi dan calon wisudawan berhak menerima 1 paket kelengkapan toga.

Lebih lanjut Rizka mengingatkan hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas antara lain menarik Kartu Pengambilan Toga dari calon wisudawan, membubuhi dengan tanda tangan dan waktu/jam pengambilan, kemudian diarsip dan disimpan di meja masing-masing (untuk antisipasi jika ada perbedaan jumlah toga diambil antara yang tercatat di sistem dengan sisa fisiknya. Kemudian jika pengambilan toga diwakilkan, dokumen yang harus diserahkan kepada petugas antara lain surat kuasa, kartu pengambiln toga, FC KTM dan/atau identitas pengenal lainnya (KTP/SIM) wisudawan, dan FC identitas pengenal (KTP/SIM) yang mengambilkan toga. (Sud).