Kabinet “Bingkai Cita” Keluarga Besar Mahasiswa Magister dan Doktoral (KMMD) Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2024 Resmi Dilantik

1
min read
A- A+
read

Pelantikan pengurus KMMD

Pelantikan Pengurus dan Staff Kabinet Bingkai Cita KMMD UNY Periode 2024.dilangsungkan pada Jumat, 8 Maret 2024 di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Wakil Rektor UNY Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Dr. Siswantoyo, M. Kes. AIFO secara resmi memimpin prosesi pelantikan dan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus baru dan lama KMMD yang telah berdedikasi mengabdikan diri untuk UNY. Prof Siswantoyo berpesan agar kepengurusan KMMD periode ini mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas untuk keluarga besar magister dan doktoral UNY. “Tolong bantu kami menyiapkan berbagai macam kegiatan kampus yang bisa membawa reputasi kompetisi UNY sebagai PTN BH,” ucapnya. Menurutnya terkait tata kelola organisasi, ada empat hal penting yang harus terpenuhi, yaitu dalam menjalankan organisasi pengurus harus meluangkan waktu untuk kegiatan organisasi secara sehat, organisasi harus memiliki perencanaan visi dan misi yang jelas, harus mengimplementasikan program kerja yang berdampak, organisasi yang bagus harus mampu melakukan mitigasi peluang kegagalan dan hambatan yang akan dihadapi dalam satu tahun kepengurusan kedepan.     

Dinda Anggun Eka Saputri, S.Pd selaku ketua panitia acara pelantikan melaporkan bahwasanya KMMD UNY Periode 2024 beranggotakan 50 pengurus dengan rincian 22 anggota sebagai BPH, 28 anggota sebagai Staff dan yang berkesempatan hadir pada hari ini sejumlah 41 pengurus. “Poin penting hari ini juga akan membahas sumber dana dari universitas dan yang akan dilantik adalah seluruh pengurus dan anggota KMMD tingkat Universitas” papar Dinda.

Sementara itu, Ketua Umum KMMD UNY 2024 terpilih Yani Sahendra S.Pd menyampaikan Pelantikan Pengurus dan Staf KMMD UNY 2024 ini merupakan titik awal perjalanan mendaki gunung harapan, yang puncaknya ialah cita-cita bersama. KMMD UNY 2024 mengusung Visi Mewujudkan KMMD yang Ber-BAKTI (Berkarya, Adaptif, Kekeluargaan, Toleransi, dan Informatif) kepada Almamater, Nusa, dan Bangsa. “Kami ingin hadir sebagai wadah berkarya mahasiswa magister dan doktoral UNY, kami ingin mendukung para mahasiswa agar mampu adaptif pada kemajuan zaman, mengedepankan rasa kekeluargaan, menghargai perbedaan, dan mampu memberikan informasi terbaru dan terpercaya berkaitan studi teman-teman mahasiswa,” tegasnya.

Disinggung mengenai penamaan kabinet “Bingkai Cita”, sebagai ketua umum KMMD, Yani menyampaikan arti filosofi yang berkaitan dengan keinginan mempererat rasa kebersamaan walupun dengan latar belakang yang berbeda, seperti suku, ras, bahasa, budaya, bangsa, jenjang pendidikan. Keragaman yang ada dari Mahasiswa Internasional, Mahasiswa S2 dan S3, HIMMPAS, KMK, PERMATA, KMHDI, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua akan terus terjalin. “Nama ini menggambarkan bahwa seluruh  tetap satu dalam bingkai yang sama, dengan cita-cita besar yang ingin kita wujudkan, dan sesuatu yang dibingkai biasanya suatu karya besar, mari kita gapai cita-cita dengan terus berkarya,” jelasnya.

Yani mengharapkan komitmen dan konsistensi dari pengurus dan staff agar selalu terjaga. Agar secara bersama-sama dapat mencapai puncak harapan, menikmati keberhasilan pelaksanaan program-program, mengenang cerita indahnya sebuah perjalanan.

Penulis: Panji Nur Fitri Yanto

Editor: Dedy

MBKM
IKU