Kenanga Kusuma Murdiyani: Lulus Tercepat, Cumlaude, Juga Bebas Skripsi dan KKN

2
min read
A- A+
read

Kenanga dengan orang tuanya

Kenanga Kusuma Murdiyani, S.Pd merupakan mahasiswa UNY program sarjana yang lulus tercepat dalam wisuda program Doktor, Magister, Sarjana dan Sarjana Terapan periode Mei 2024 yang digelar di GOR UNY, Sabtu (25/5). Kenanga adalah mahasiswa program studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

Alumni SMAN 1 Kota Mungkid Magelang tersebut mengisahkan bahwa ia suka membaca sejak dulu, bahkan kecintaannya pada dunia anak disabilitas terbina melalui kegemarannya membaca koran saat kelas 5 SD. “Sejak saat itu saya sering membaca terkait kebutuhan pendidikan disabilitas khususnya, dibantu oleh ayah untuk mengumpulkan informasi terkait pendidikan bagi disabilitas hingga menemukan program studi yang relevan” kata Kenanga. Alhasil ia berhasil lolos jalur SNMPTN dan diterima di program studi yang diinginkannya.

Putri pasangan Diyana yang berprofesi sebagai guru olahraga di SDN Sawangan I dan Tri Muryani pensiunan PKPN tersebut mengaku selama berkuliah di prodi Pendidikan Luar Biasa UNY merasa senang dan bahagia karena membahas topik yang ingin diperdalam olehnya sejak dibangku sekolah.  Kenanga memiliki misi untuk meneliti suatu topik tertentu. “Bersumber dari rasa senang itulah saya merasa lebih ringan dalam menjalankan perkuliahan karena tidak ada paksaan dalam belajar” katanya. Menurutnya bangku perkuliahan merupakan momen penting untuk mengembangkan diri dan lebih leluasa dalam melaksanakan hal-hal yang bermanfaat. Sejak dibangku SMP hingga SMA Kenanga sudah aktif berorganisasi untuk meningkatkan social skill dan leadership. Adapun aktivitas sosial yang dilakukannya yaitu mengajar secara gratis bagi anak-anak agar mereka tidak kesulitan dalam mengerjakan tugas dan motivasi belajarnya menjadi meningkat. Saat itu kurang lebih terdapat 10 anak yang belajar setiap harinya setelah selesai sholat maghrib. Ini yang membuat kecintaannya di dunia pendidikan meningkat.

Warga Dusun Salaman, Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang tersebut juga aktif berorganisasi. Tahun 2021 Kenanga bergabung dengan UKM Penelitian UNY dan tahun 2023 diberi amanah menjadi Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Reality yang merupakan unit kegiatan mahasiswa bidang penelitian. Pada tahun 2021 tersebut menjadi titik balik Kenanga karena dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) karyanya berjudul ‘E-Konseling Berbasis Games Untuk Menangani Permasalahan Mental Akibat Pelecehan Seksual Pada Disabilitas’ berhasil masuk sebagai finalis Pimnas pada skema PKM-RSH sehingga dapat dikonversi menjadi mata kuliah KKN. Alhasil Kenanga beserta kelompoknya tidak perlu menempuh KKN pada semester 7. Selain itu konversi bebas KKN juga didapatkannya tahun 2022 karena Kenanga mengikuti program PPK Ormawa dalam skema pengembangan Sekolah Perempuan di Desa Srimartani bersama UKMF Reality dengan nama Sekolah Srimardikan.

Gadis kelahiran 28 Juni 2001 tersebut juga bebas dari skripsi selama menempuh Pendidikan di UNY. Hal ini karena Kenanga memperoleh Juara 1 Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) divisi microteaching yang dapat dikonversi ke nilai skripsi sehingga pada mata kuliah Tugas Akhir ia tidak melaksanakan sidang dan mendapatkan nilai maksimal. “Padahal saya sudah mempersiapkan skripsi sejak semester 6 dan aktif berkonsultasi dengan dosen pembimbing” jujur Kenanga. Menurutnya ada beberapa poin untuk membantu meringankan beban perkuliahan dan bisa mempercepat masa studi yaitu manajemen diri, memanfaatkan peluang khususnya MBKM dan rekognisi serta menyusun goals yang harus dicapai.

Walaupun aktif dalam berbagai kegiatan namun Kenanga tidak melupakan tugas utamanya sebagai mahasiswa yaitu belajar. Ia berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun 5 bulan dan mendapatkan indeks prestasi kumulatif 3,90 berpredikat cumlaude. Saat ini Kenanga bekerja sebagai guru private akademik dan non akademik siswa berkebutuhan khusus di wilayah Magelang dan Yogyakarta, serta memiliki berbagai karya yang berhasil memperoleh 5 HAKI dan 1 publikasi artikel terindeks Sinta 3. Kenanga berharap usai studi S1 ini dapat studi lanjut S2 di prodi Pendidikan Luar Biasa UNY dengan beasiswa unggulan.

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus