Kunjungi Desa Wisata Bejiharjo Mahasiswa WMK UNY Belajar Wirausaha Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

1
min read
A- A+
read

Mahasiswa WMK mengunjugi Bejiharjo

Empat ratus mahasiswa yang tergabung dalam program Wirausaha Merdeka Universitas Negeri Yogyakarta (WMK UNY) 2023 mengikuti kegiatan kunjungan industri atau Bootcamp #1 yang dilaksanakan di desa wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa belajar bagaimana cara mengembangkan usaha khususnya wisata berbasis pemberdayaan masyarakat, strategi yang digunakan untuk menarik minat wisata yang berkunjung ke desa Bejiharjo dan pengelolaan desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat di desa Bejiharjo.

Sebelum kegiatan itu dimulai, mahasiswa diberikan arahan oleh TIM pengelola WMK UNY yang bertempat di Ruang Sidang Utama (RSU) Rektorat UNY. Arahan tersebut diberikan kepada mahasiswa agar mahasiswa semakin aktif dalam mengisi logbook kegiatan harian dan segera menetukan bidang usaha yang diminati dan akan dijadikan sebagai produk dalam kegiatan expo sebagai luaran dalam program Wirausaha Merdeka EdublankOn Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam kegiatan Bootcamp #1 yang dilaksanakan di desa Bejiharjo, tepatnya di obyek wisata Goa Pindul tersebut, mahasiswa merasa senang, melalui kegiatan ini pemahaman mahasiswa bekaitan dengan wirausaha berbasis wisata dan pemberdayaan masyarakat semakin bertambah, pemahaman akan pengelolaan, strategi hingga kolaborasi antar masyarakat yang ada seperti para pelaku UMKM, penjaga wisata serta pemandu wisata. Menurut pengelola Wirawisata Pindul Yudan Hermawan hal ini untuk menambah pemahaman mahasiswa bahwa di era revolusi industri yang terjadi saat ini kolaborasi antar masyarakat sangat dibutuhkan sebagai bentuk pengembangan softskills masyarakat.

Setelah mahasiswa belajar mengenai pengelolaan, promosi, pemasaran wisata Goa Pindul, dalam kegiatan ini mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mencoba melakukan susur sungai di Goa Pindul. Hal ini menjadi salah satu kegiatan yang menarik, dan tentu saja akan menambah keakraban setiap peserta yang berasal dari berbagai macam perguruan tinggi.

Penulis: Riswanda Himawan

Editor: Dedy

MBKM
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus