Orientasi Kepalangmerahan KSR PMI Unit UNY

1
min read
A- A+
read

Orientasi Kepalangmerahan KSR UNY

Sebanyak 57 Calon anggota KSR PMI Unit UNY mengikuti Orientasi Kepalangmerahan yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Sleman di Lingkungan kantor DPRD Kabupaten Sleman baru-baru ini. Kegiatan diikuti 400 calon relawan PMI yang bukan hanya calon relawan dari KSR PMI Unit Universitas Negeri Yogyakarta, akan tetapi ada juga calon relawan dari KSR PMI Unit UIN Sunan Kalijaga, KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, KSR PMI Unit Universitas Sanata Dharma, KSR PMI Unit UPN Veteran Yogyakarta, KSR PMI Unit Universitas Jenderal Achmad Yani serta KSR PMI Unit Markas Kabupaten Sleman.

Menurut Ketua KSR PMI UNY Fatimatu Tsani melalui orientasi kepalangmerahan ini diharapkan para calon anggota relawan khususnya KSR PMI Unit UNY dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai relawan PMI. Dengan dilaksanakannya orientasi kepalangmerahan yang merupakan bagian dari Pendidikan dan Pelatihan Calon Anggota KSR PMI Unit UNY diharapakan dapat meningkatkan pengetahuan tentang kepalangmerahan dan kode perilaku sebagai relawan.

Orientasi diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh ketua PMI Kabupaten Sleman Dr. Sunartono, M.Kes dan dihadiri oleh para pengurus PMI Kabupaten Sleman serta para relawan PMI dari Unit Universitas dan markas.

Dalam orientasi kepalangmerahan ini, para peserta diberi berbagai pembekalan. Diantaranya Sejarah, prinsip dan lambing Gerakan palangmerah, hukum perikemanusiaan internasional dan kode perilaku. Penyampaian materi dilakukan secara teori dan diskusi penyelesaian masalah, nantinya juga akan dilatih mengenal berbagai gerak dan tindakan yang harus dilakukan sebagai relawan PMI dalam melakukan pertolongan pertama.

Para calon anggota relawan PMI khususnya dari UNY mengikuti orientasi dengan penuh antusias, salah satu calon anggota KSR PMI Unit UNY merasa senang karena bisa ketemu teman-teman baru dari universitas lain dan bisa belajar bareng mengenai kepalangmerahan.

Penulis: Alif Viana

Editor: Dedy

 

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus