PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2020/2021

2
min read
A- A+
read

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB)

Rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru: Kuliah Umum dan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2020, yang dilaksanakan Rabu (9/9) di Auditorium UNY, meliputi laporan dari Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama, dilanjutkan Sambutan dan Rektor membuka kegiatan, sambutan Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan pemutaran video sambutan. Sedangkan penyampaian materi dari Sri Sultan Hamengku Buwono X yang diwakili Sekda DIY, paparan dari Dirjen Dikti dan Dirjen Vokasi yang dilakukan secara daring merupakan acara selanjutnya.

Pada PKKMB kali ini, masing-masing Wakil Rektor menyampaikan tentang informasi program kerja terkait dengan bidangnya. Diawali penyampaian bidang akademik yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. “Bahwa UNY melaksanakan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, adapun bentuuk pembelajarannya praktik mengajar dan pelatihan dengan asistensi mengajar di satuan pendidikan, praktik kependidikan. Pembangunan wilayah dengan kuliah kerja nyata, membangun desa. Research dan pengembangan dengan magang/praktik kerja, penelitian/riset. Kewirausahaan dengan kegiatan wirausaha, dan Kemanusiaan dengan program kemanusiaan. Semuanya dilaksanakan dengan Rekognisi Pembelajarab Lampau (RPL),” papar Margana.

Margana menyampaikan program prioritas bidang akademik sebagai berikut, “(satu) Peningkatan Kualitas Pembelajaran & Iklim Akademis dengan kegiatan peningkatan kualitas dan kuantitas pembelajaran daring serta pengembangan pembelajaran berbasis RI 4.0.  (dua) Peningkatan Kualitas Input Mahasiswa dengan kegiatan peningkatan distribusi asal mahasiswa baru, peningkatan kuantitas dan kualitas mahasiswa asing, peningkatan kapasitas tes center, dan pemantapan SI PMB . (tiga) Peningkatan Reputasi Internasional dengan kegiatan akselerasi publikasi artikel internasional penguatan pemeringkatan AUR & WUR. (empat) Peningkatan Kompetensi Dosen dengan kegiatan akselerasi guru besar, akselerasi lektor kepala, nolisasi tenaga pengajar S2. (lima) Penguatan Kelembagaan Akademik dan Akreditasi dengan kegiatan akselerasi akreditasi, penguatan SI akreditasi, Akreditasi Internasional, Pengembangan Sekolah Vokasi. (enam) Peningkatan Kompetensi Lulusan yaitu dengan penguatan LSP, sertifikasi kompetensi lulusan, peningkatan rerata IPA, pemendekan masa studi. (tujuh) Cyber Campus, yaitu dengan penguatan layanan IT Terpadu, pengembangan sistem berbasis mobile, dan pengembangan big data UNY. Yang akhirnya menjadi Rujukan Mutu Universitas Kependidikan Kelas Dunia.”

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Edi Purwanto, M.Pd, menyampaikan informasi tentang keuangan meliputi sumber pembiayaan perguruan tinggi BLU, yang meliputi dana pemerintah dan dana masyarakat (PNBP). Adapun peruntukannya dana pemerintah untuk gaji, pemeliharaan, dan BOPTN, sedangkan dana dari masyarakat (PNBP) diperuntukkan untuk UKT, optimalisasi aset, kerjasama, dan hibah.

Edi mengurai tentang pengelolaan Sumber Daya Manusia yang meliputi dosen dan tenaga pendidikan. Pengelolaan sarana dan prasarana meliputi gedung, laboratorium, bengkel, perpustakaan, halaman/taman, parkir, jalan dan saluran air, dan fasilitas lainnya.

Tahapan Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd.,sebagai berikut, “Tahap Pengenalan dilaksanakan pada semester I-II dengan cara succes skills (memotivasi, pengenalan 3 M (man, material, method). Tahap penyadaran dilaksanakan pada semester III-IV, yaitu pengembnagan kreativitas mahasiswa melalui ormawa untuk menghadapi masa depan yang kompetitif. Tahap berikutnya tahap pertumbuhan dilaksanakan semester V-VI dengan pengembangan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, dan peningkatan produktivitas dengan inovasi-inovasi baru, dan terakhir. Tahap pendewasaan, dilaksanakan semester VII-VIII dengan pelatihan pengembangan karier untuk memasuki lapangan kerja dan menciptakan peluang kerja.”

Beberapa UKM yang bisa diikuti oleh mahasiswa meliputi, “Atletik, bola basket, bola voli bulutangkis, catur, marching band, hoki, judo, karate, madawirna, panahan, pencak silat, renang, sepakbola, soft ball, tae kwon do, tenis lapangan, tenis meja, dan sepak takraw. Sedangkan Bidang Kesejahteraan dan Minat khusus misalnya UKKI, IKMK, PMK, KMHD, serta minat khusus Menwa, Kopma, KSR PMI, Pramuka, Kewirausahaan,”jelas Anik.

Sedangkan kegiatan yang dilakukan Bidang Perencanaan dan Kerja Sama disampaikan oleh Dr. Senam, yaitu visiting profesor, student mobility, joint curriculum dengan universitas di luar negeri, joint publication dengan dosen luar negeri, maintaining network dengan  mitra (Eropa, Malaysia, Thailand, Philippine), pengajuan proposal PTNBH, perluasan research matching grant dengan universitas di luar negeri, penyusunan proposal pendanaan luar negeri, pengembangan sistem perencanaan yang integratif, penyusunan KPI universitas dan individu, dan seminar internasional.(Sud).