Seminar Dan Temu Alumni Serta Launching Prodi S3 PPKn Dalam Rangka Memperingati Dies Natalis PKNH Fishipol UNY Ke-60

1
min read
A- A+
read

Sambutan Wakil Dekan Akademik Kemahasiswaan Fishipol

Pada Sabtu, 03 Juni 2023 Departemen Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan llmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta memperingati Dies Natalis Ke-60. Peringatan Dies Natalis PKnH Ke-60 ini dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan salah satunya yaitu Seminar dan Temu Alumni PKnH FISHIPOL UNY. Melihat perlunya kesiapan dunia pendidikan dalam menghadapi era society 5.0 maka kegiatan ini mengangkat tema “Transformasi dan Aktualisasi PKn di Era Society 5.0”. Kegiatan ini selain bertujuan sebagai wadah bagi dosen, mahasiswa, dan alumni PKnH FISHIPOL UNY untuk mengkaji peran penting PKn di dunia pendidikan Era Society 5.0 juga untuk menjalin komunikasi dan mempererat kekeluargaan antar dosen, mahasiswa, dan alumni PKnH FISHIPOL UNY. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya kegiatan ini juga dijadikan sebagai memontun untuk memperkenalkan Program Studi S3 PPKn FISHIPOL UNY yang telah dibuka secara resmi.

Kegiatan ini dilaksanakan secara online yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan alumni kurang lebih sebanyak 150 peserta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FISHIPOL UNY bapak Dr. Supardi, S.Pd., M.Pd. Beliau dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan bangga terhadap kemajuan yang begitu luar biasa dari Departemen PKnH yang tepat dihari itu secara resmi juga memperkenalkan telah dibukanya Program Studi S3 PPKn FISHIPOL UNY. Selain itu, dalam kegiatan ini Ketua Departemen PKnH yaitu Prof. Dr. Sunarso, M.Si. juga menyampaikan sambutan. Pada sambutannya beliau berharap bahwa dengan perayaan Dies Natalis Ke-60 PKnH FISHIPOL UNY kedepannya dapat menjadikan PKnH FISHIPOL UNY semakin unggul dan tetap mempertahankan kemajuan yang telah capai.

Sesi selanjutnya dalam kegiatan ini yaitu penyampaian materi dan sesi duskusi. Sesuai dengan tema yang diangkat dalam kegiatan ini “Transformasi dan Aktualisasi PKn di Era Society 5.0” maka terdapat lima pembicara yang dihadirkan untuk berbagi ilmu dan pengalamannya. Pemateri dalam kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Sunarso, M.Si. selaku Ketua Departemen PKnH FISHIPOL UNY, Dr. Suyato, M.Pd. selaku Sekretaris Departemen PKnH FISHIPOL UNY, Prof. Dr. Mukhammad Murdiono, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Program Studi Magister PPKn FISHIPOL UNY, Marwan Arjuli, S.Pd. selaku Alumni PKnH FISHIPOL UNY dan Danang Prasetyo, M.Pd. selaku Ketua DPCK IKA Program Pascasarjana PPKn FISHIPOL UNY. Masing-masing pemateri membawakan topik materi yang berbeda mengenai “Pendidikan Politik Untuk Menghadapi Pemilu 2024”, “Strategi Pembelajaran PKn”, “Pendidikan Demokrasi di Era Post Demokrasi”, “Peluang dan Tantangan Guru PPKn di Era Society 5.0” dan topik terakhir “Memperkuat Solidaritas dan Peran Alumni PKnH FISHIPOL UNY”. Sesi penyampaian materi dan diskusi berjalan dengan baik yang ditandai dengan semangat dan antusiasnya peserta dalam sesi diskusi.

Sesi yang tidak kalah pentingnya dalam kegiatan ini yaitu Launching Prodi S3 PPKn FISHIPOL UNY. Pada sesi ini diberikan kesempatan kepada Dr. Iqbal Arpannudin, S.Pd., M.Pd. untuk memperkenalkan hal-hal mendasar mengenai dibukanya Program S3 PPKn FISHIPOL UNY. Harapannya dengan dibukanya Prodi S3 PPKn UNY ini dapat menambah minat mahasiswa maupun alumni untuk melanjutkan pendidikan di Program Studi S3 PPKn UNY.

Segenap Dosen, Mahasiswa, dan Alumni berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan karena sangat memberikan dampak positif terhadap kemajuan Departemen PKnH FISHIPOL UNY. Selain itu, harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan komunikasi dan koloborasi Dosen, Mahasiswa, dan Alumni untuk bergerak bersama demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Penulis: Nurlatifa

Editor: Dedy

MBKM