Tim Basket UNY raih Juara 1 di Event Farmasi Cup UGM 2023

1
min read
A- A+
read

Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Farmasi Cup 2023 sebagai ajang unjuk prestasi nonakademik di bidang olahraga dan seni. Acara yang  diselenggarakan sejak 30 Oktober sampai dengan 5 November,  ini mempertandingkan dua cabang olahraga yakni basket dan futsal di GOR Amongrogo serta kompetisi band yang ditutup dengan seremonial konser di GOR UNY 19 November mendatang. 

Untuk basket puteri diikuti oleh 5 tim dan basket putra sebanyak 15 tim serta ada juga tim futsal putra dengan 16 tim. Format pertandingan dibagi ke dalam babak penyisihan terlebih dahulu dengan tim futsal putra dan basket putra dibuat menjadi empat grup. Basket putri hanya terdiri dari satu grup. Masing-masing juara satu dan dua dari futsal putra dan basket putra nantinya akan maju ke babak delapan besar.

Pertandingan babak penyisihan digelar sejak 30 Oktober sampai 2 November. Kemudian sejak 2-5 November berlangsung babak delapan besar sampai final yang dipusatkan di GOR Amongrogo. 

Adapun babak final diselenggarakan pada Minggu (5/11/2023). Pada basket puteri mempertemukan antara tim FIKK UNY vs Farmasi UGM; basket putera antara FIKK UNY vs Fisioterapi Stikesnas Sukoharjo; dan futsal putera antara Polkesyo vs Fikes Unisa Jogja. 

Pertandingan final Farmasi Cup 2023 tersebut berhasil dimenangkan oleh Tim UKM Basket UNY dengan membawa pulang piala dan hadiah lainnya. Kedua tim UNY baik putera maupun puteri berhasil menduduki juara 1 di event basket ini.

Arfa, berasal dari Program Studi S1 Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta selaku ketua dari UKM Basket UNY 2023 saat ditanya mengenai bagaimana strategi seleksi tim hingga sukses menjuarai ajang Farmasi Cup 2023 kemarin.

“Sebelum event Farmasi Cup 2023 ini kami sempat ikut event basket lain yaitu Liga Mahasiswa dan dari sana permainan sudah bagus tapi pemain tetap di seleksi kembali untuk ikut event ini agar lebih matang, dan kami optimis meraih juara di event ini. Alhamdulilah tim basket putra dan putri basket UNY berhasil meraih juara 1 berkat doa dan kerja keras. Kami berterima kasih juga ke pelatih kami yaitu Coach Irvan Salafi karena berkat beliau kami bisa sampai di titik ini,” ucapnya, Selasa (7/11/23).

Rischa Dwi, berasal dari Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan salah satu pemain dari tim yang mengikuti event Farmasi Cup 2023 saat ditanya mengenai kesiapan dalam mengikuti turnamen Farmasi Cup

“Persiapannya hanya latihan setiap hari, kecuali hari sabtu dan minggu. Jikalau ingin tambahan latihan biasanya sabtu dan minggu juga latihan. Selain diadakannya latihan setiap hari, kunci dari kesiapan dan keberhasilan ini hanya percaya diri serta berani,” ungkap Rischa.

Penulis: Aulia dan Sahrani
Editor: Khairani

IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus