UNY Graduation Career Day: Jembatan Karir untuk Wisudawan

1
min read
A- A+
read

Graduation Career Day

UNY Graduation Career Day yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Februari 2024 di Auditorium merupakan agenda yang selenggarakan untuk pembekalan karir bagi para calon wisudawan UNY. Selain tujuan tersebut, kegiatan yang digelar empat kali dalam satu tahun menjelang periode wisuda UNY ini juga diharapkan mampu memberikan kesempatan pada perusahaan mitra UNY, memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti rekruitmen, dan menjalin kerja sama antara UNY dengan berbagai mitra perusahaan.

Menurut Ketua Pelaksana UNY Graduation Career Day Supriyono, M.Or pelaksanaan ini lebih pada menjembatani antara alumni dan mitra. “Mitra itu bisa berupa lembaga pendidikan, dunia industry, dan perusahaan.dan juga ada memotivasi calon wisuda untuk semangat memasuki dunia kerja setelah belajar di UNY dengan trik-trik seperti personal branding dan beberapa materi lain” katanya. Dampaknya harapan terserapnya alumni ke dunia kerja karena terkait dengan liga perguruan tinggi nasional yang dikenal dengan indikator kinerja utama, IKU1 yang mensyaratkan lulusan perguruan tinggi serapannya sampai 80%. Artinya lulusan 2023 harus terserap dan memenuhi 3 komponen, yaitu memasuki dunia kerja, memasuki dunia usaha, dan study lanjut mencapai 80%. Dengan demikian, capaian tersebut dapat dijadikan salah satu tolok ukur masyarakat dalam menilai kinerja UNY sebagai salah satu universitas yang dapat dipertimbangkan.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Dr. Siswantoyo, M. Kes. AIFO. Agenda dilanjutkan dengan seminar karir yang berisi motivasi-motivasi serta wawasan baru dalam rangka mempersiapkan wisudawan memasuki dunia kerja. Seminar Karir diisi oleh 4 narasumber yaitu Prof. Dr. Suyanto, Ph.D, selaku ketua umum DPP IKA UNY yang memaparkan tentang bagaimana membangun growth mindset sehingga menjadi seorang dengan karir yang sukses. Kemudian Priscilla Natania Ozora, Assesment Officer PT. Santos Jaya Abadi yang memberikan insight baru tentang personal branding. Sarjono, S. H. dari Dinas Ketenagakerjaan yang menyampaikan terkait UU Ketenagakerjaan agar dapat dijadikan perhatian bagi calon-calon wisudawan memasuki duni kerja. Terakhir, materi tentang mempersiapkan diri menjadi wirausahawan muda disampaikan oleh Dr. Ayu Helena Cornellia, BA., M.Si. Rangkaian agenda ini mendapatkan respon positif dari mahasiswa yang memang membutuhkan fasilitas terkait karir seperti ini.

Pra-agenda yang dilakukan yaitu Career dan Internship Expo berupa pemaparan singkat dari beberapa perusahaan yang hadir sebagai mitra dalam minijob fair yang merupakan rangkaian dari UNY Graduation Career Day ini. Minijob fair ini dihadiri oleh 16 partisipan mitra UNY yang menyediakan stand informasi sekaligus konsultasi bahkan rekruitmen secara langsung hari ini juga melalui pengumpulan CV secara online. “PT Santos Jaya Abadi baru pertama kali ini mengikuti, UNY baru pertama kali. Sebenarnya kita dapat info untuk employer branding di sini sekaligus membangun kerja sama dengan kampus sekitar Yogya-Jawa Tengah. Karena meskipun di UNY merupakan kampus pendidikan, tapi tetap ada talenta-talenta yang dibutuhkan seperti teknik, manajemen, maupun ekonomi”, jelas Pricilla di sela-sela mempersiapkan stand bersama rekannya.

Salah satu peserta Fariska mahasiswa matematika mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menambah wawasan tentang dunia kerja sekaligus lebih tahu tentang UU Ketenagakerjaan untuk persiapan memasukin dunia kerja setelah ini.

Penulis : Anik Mariyani

Editor : Dedy

 

MBKM
IKU
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak