UNY Hadir Dalam Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di SMA Negeri 4 Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Sosialisasi

SMA Negeri 4 Yogyakarta melaksanakan kegiatan sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Kamis (7/3) di sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh 3 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Yogyakarta, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) dan diikuti oleh kurang lebih 200 siswa kelas XII.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala SMA Negeri 4 Yogyakarta Jaka Tumuruna M.Pd. yang mengatakan bahwa kegiatan sosialiasi ini dimaksudkan untuk menfasilitasi para siswa melalui pertemuan dengan narasumber dari ketiga Perguruan Tinggi Negeri. “Setelah lulus nanti diharapkan para siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, berkuliah di PTN maupun PTS. Dalam memilih jurusan kuliah, diharapkan siswa dapat mempertimbangkan sesuai dengan kemampuan dan keyakinan dengan kompetensi yang dimiliki. Ketiga universitas akan memberikan pandangan yang lebih jelas mengenai jalur pendaftaran dan beberapa program studi agar siswa tidak salah jalur atau jurusan, ”ucap Jaka dalam sambutannya.

Pada kegiatan sosialisasi kampus yang pertama disampaikan oleh Dr. Bambang Retno Aji M. Sc. dari UGM, dilanjutkan dari UPNVY disampaikan oleh Drs. Purwiyanto, M.Si. Sedangkan UNY diwakili Dedy Herdito, M.M., selaku pranata humas Universitas Negeri Yogyakarta. Dedy memperkenalkan letak, fasilitas, beasiswa, keketatan dan berbagai jalur seleksi masuk di UNY, termasuk Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri (SM). “Dimana pembagian proporsinya untuk SNBP sebesar 20%, SNBT 30% dan SM UNY 50% dengan berbagai keketatan berbeda di setiap jalurnya,” ujar Dedy.

Dedy juga menyampaikan fakta-fakta menarik mengenai UNY pada SNPMB tahun 2024 ini. Dimana mulai tahun 2024 UNY akan membuka Fakultas Kedokteran yang terfokus di bidang kedokteran olahraga, serta prodi unggulan yang hanya ada 2 saja di Indonesia yaitu Pengobatan Tradisional Indonesia. Selain itu Dedy juga menyampaikan berbagai prestasi dan peluang konversi ketika berkuliah di UNY, “UNY selalu mengapresiasi setiap prestasi para mahasiswanya, contohnya Athi' Nur Auliati Rahmah alumni Pendidikan Fisika UNY yang mendapatkan konversi lulus tanpa skripsi karena berhasil meraih medali emas Lomba Inovasi Digital Pendidikan (LIDM).” ujarnya.

Salah seorang siswa Winda Lestari dari kelas XII MIPA 5 menyatakan minatnya untuk mendaftar di prodi Sastra Indonesia pada jalur tes SNBT 2024. Alasan Winda karena terdapat prodi dengan bidang yang disukai dan sudah lama ditekuni serta akreditas prodi dan universitas yang unggul.

Pada akhir sesi Dedy berpesan agar siswa-siswi SMA Negeri 4 Yogyakarta memperhatikan setiap persyaratan dalam pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Seperti aturan bagi siswa yang sudah diterima di jalur SNBP tidak akan bisa mendaftarkan diri lagi di jalur SNBT dan SM.

Penulis: Lia Ika Agustin & Panji Nur Fitri Yanto

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus