UNY Sabet Penghargaan Dalam Abdidaya Ormawa 2023

1
min read
A- A+
read

Kegiatan Abdidaya Ormawa di Universitas Jember

Universitas Negeri Yogyakarta sabet penghargaan dalam kegiatan Abdidaya Ormawa di Universitas Jember, Sabtu (9/12). UNY raih penghargaan sebagai Sistem Pendukung Perguruan Tinggi Terbaik I Kategori Perguruan Tinggi Terinovatif.

Ketua Tim Reviewer Abdidaya Ormawa Prof. Ilah Sailah mengatakan tema kegiatan Abdidaya Ormawa 2023 adalah ‘Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan Dalam Menumbuhkan Semangat Kepemimpinan Berlandaskan Pancasila Demi Mewujudkan Ormawa Kuat, Desa Unggul, Indonesia Maju'. “Kami mengapresiasi dari 160 tim pelaksana PPK Ormawa, 160 Ketua PPK Ormawa, 60 dosen pendamping, 9 mitra terbaik dari 78 perguruan tinggi se-Indonesia yang mengikuti kegiatan ini” kata Ilah Sailah. Harapannya Abdidaya Ormawa semakin menumbuhkan semangat bagi mahasiswa untuk memperkaya, memperdalam serta meningkatkan kapasitas, wawasan, dan kompetensinya, serta menumbuhkan jiwa mengabdi serta pemberdaya muda untuk membantu meningkatkan kesejahteraan desa. Ketua Panitia Abdidaya Ormawa Prof. Slamin berharap kegiatan ini menjadi apresiasi bagi organisasi mahasiswa di semua perguruan tinggi.

Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Arwan Nur Ramadhan, M.Pd merasa bersyukur dengan capaian ini. Bidang Kemahasiswaan mendukung penuh pelaksanaan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat melalui program PPK ORMAWA” katanya.  Dukungan yang diberikan seperti support pendanaan di tingkat universitas dan fakultas, memberikan reward pada mahasiswa dengan ekuivalensi program pada mata kuliah KKN-PK, memberikan kredit Penghargaan Ekstrakurikuler Mahasiswa (PEM) khusus angkatan 2023, keberlanjutan program PPK ORMAWA tahun berikutnya dilanjutkan oleh pengurus Ormawa berikutnya, program rintisan PPK ORMAWA dilanjutkan pengabdian dosen sesuai bidang keahljan di lokasi mitra,  menerjunkan tim KKN Reguler ke lokasi PPK Ormawa, seleksi tim PPK Ormawa secara bertahap dari level prodi, fakultas, dan universitas. Selain itu UNY juga menyelenggarakan Lomba LIP3D untuk seleksi dan pembinaan tim untuk terjun langsung ke mitra sebelum proposal diusulkan ke BELMAWA.

Tim PPK Ormawa UNY yang memperoleh penghargaan dalam Abdidaya Ormawa ini adalah tim UKMF Penelitian Reality Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi dengan judul ‘Triwidya Aksara: Pengembangan Sekolah Perempuan Desa Triwidadi Sebagai Bentuk Keterlibatan Perempuan Desa Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals For Rural Areas’. Dibawah pimpinan Dewi Cahyaningsih UKMF Reality berhasil meraih juara 3 strategi keberlanjutan terkuat dan juara 3 video terunik.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus