Peningkatan Kinerja UNY sebagai PTNBH

1
min read
A- A+
read

Sebagai perwujudan akuntabilitas pengelolaan lembaga yaitu mempertanggungjawabkan atas pengelolaan sumber daya dalam pelaksanaan kebijakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan serta bentuk transparansi sebagai wujud keterbukaan yang dilakukan guna memberikan informasi kepada masyarakat, maka pada Rabu (6/9) di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY dilaksanakan “Workshop Peningkatan Kinerja Lembaga UNY PTNBH”. Worshop tersebut diikuti oleh semua pimpinan, dan unsur Majelis Wali Amanat serta Senat Akademik Universitas.

Workshop dipimpin langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. sekaligus sebagai narasumber kegiatan tersebut. Rektor mengawali paparannya menyampaikan tentang komitmennya untuk melaksanakan visi UNY yaitu “Universitas Kependidikan Kelas Dunia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan” sebagai amanah ditetapkannya UNY sebagai PTNBH berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2022, tertanggal 20 Oktober 2022.

Selanjutnya Rektor mengurai “Arah Kebijakan Pengembangan UNY PTNBH” meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kemahasiswaan dan alumni, kerjasama, sumber daya, sistem informasi, keuangan, sarana dan prasarana, serta tata kelola.
Dinamika tentang data SDM dan akademik tidak luput disampaikan juga, baik IPK mahasiswa, masa studi, akreditasi nasional maupun internasional, jabatan fungsional dosen, gelar dosen dan tendik, status kepegawaian dan lain-lain.

Pembangunan sarana prasarana sebagai salah satu indikator tercapainya sejahtera warganya dan jaya lembaganya juga disampaikan hasil dari pembangunan diantaranya gedung laboratorium vokasi, laboratorium olahraga kampus vokasi, Laboratorium Indoor kampus vokasi, pembangunan lift, auditorium, dan lab kecantikan, serta asrama mahasiswa. Pada sesi diskusi, disampaikan perlu ditekankan adanya hilirisasi dari aktivitas guru besar maupun adanya kegiatan benchmarking, dapat berupa penulisan buku ataupun penelitian. Dibahas pula tentang maintenance gedung dan peralatan lainnya.

Sebagai tindak lanjut dari workhop ini untuk peningkatan kinerja UNY kedepannya, dalam hal pengembangan lembaga yakni dengan penutupan dan pembukaan program studi sesuai perkembangan, serta pembukaan fakultas misalnya Fakultas Kedokteran ataupun Fakultas Psikologi. Juga pengembangan income generating baik SDM maupun non-SDM, serta regulasi jabatan pimpinan.

Workshop serupa akan dilanjutkan dengan roadshow ke fakultas dan direktorat mulai 11 sampai 15 September 2023 berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan dengan  melibatkan dekan, direktur, wakil dekan, wakil direktur, sekretaris direktur, kepala departemen, sekretaris departemen, koordinator dan sekretaris prodi, anggota senat (fakultas), dan kasubdit.

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo Noviriyanto
 

IKU