BUKU POP UP RANCANGAN MAHASISWA UNY RAIH JUARA SATU KOMPETISI ILMIAH DI UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN SOEDIRMAN

10
Oct
2019

Media pembelajaran adalah sarana untuk memberikan rangsangan bagi siswa supaya proses belajar mengajar menjadi menarik dan interaktif. Rangsangan yang dimaksud ini adalah perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran tertentu.

Berlandaskan hal tersebut, tiga mahasiswa UNY yang terdiri dari Syaikhuddin Zakki Yamani (Ilmu Biologi), Al Arrafi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan Hayuni Mu'afa Fajri (Pendidikan Akuntansi) mengembangkan media pembelajaran Buku Pop Up berbasis augmented reality untuk siswa kelas 4 SD. "Menggunakan Buku Pop Up diharapkan agar materi yang disampaikan guru tidak monoton," jelas Syaikhuddin Zakki, Selasa (8/10/2019).

Buku Pop Up yang dirancang berbasis teknologi kekinian dan dimaksudkan untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada anak-anak. "Buku Pop Up ini bisa dihubungkan dengan gadget. Guru bisa terbantu dan harapannya siswa lebih tertarik belajar kebudayaan di Indonesia," tambah Syaikhuddin Zakki.

Media pembelajaran Buku Pop Up ini berhasil meraih juara satu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional dan presentasi terbaik (best presentation) dalam rangkaian acara The 8th Soedirman Science Competition 2019 yang bertema Aktualisasi Generasi Milenial dalam Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia dan IPTEK di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Maju di Universitas Jendral Soedirman (Unsoed). (Muhammad Abdul Hadi/JK)

 

submitted by humas