JALIN PERSAHABATAN ANTAR MAHASISWA, UNY SELENGGARAKAN PORMA

5
Oct
2021

Dalam rangka menjalin persahabatan antar mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah sekaligus upaya untuk memperkuat rasa persatuan sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), UNY menyelenggarakan Pekan Olahraga Mahasiswa (Porma) yang berlangsung awal Oktober ini. Porma mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu bolabasket, bolavoli, bulutangkis, futsal, sepakbola dan tenis meja. Ketua Panitia Porma Aris Fajar Pambudi, M.Or mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan karena UNY berperan aktif sebagai perguruan tinggi yang menaruh perhatian pada perkembangan olahraga di Indonesia. “Mahasiswa memiliki peran sentral dalam membangun, menggerakkan dan menjadi tumpuan masa depan bangsa Indonesia” kata Aris Fajar. Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan tersebut berkeinginan agar kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa sportif dan kompetitif yang dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan.

Porma tahun 2021 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam masa pandemi. Mengambil tema ‘Raih Prestasi dengan Olahraga dikala Pandemi’, Porma mempertandingkan cabang olahraga bolabasket yang dilaksanakan di lapangan bolabasket outdoor FIK. Sedangkan cabang bulutangkis digelar di hall bulutangkis FIK, cabang sepakbola di lapangan terpadu FIK serta tenis meja di hall tenis meja FIK. Cabang futsal dan bolavoli dihelat di GOR UNY. Cabang bolabasket dan bolavoli mempertandingkan nomor putra dan putri, bulutangkis mempertandingkan nomor beregu, ganda putra dan ganda campuran. Tenis meja mempertandingkan nomor beregu campuran, ganda putra dan ganda campuran sedangkan futsal dan sepakbola mempertandingkan nomor putra. Harapannya dengan kegiatan ini mahasiswa UNY dapat meningkatkan daya saing melalui kegiatan kemahasiswaan di bidang olahraga sekaligus meningkatkan partisipasi dan prestasi mahasiswa di bidang olahraga.

Olahraga merupakan salah satu media pendidikan yang mampu memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai yang diperlukan dalam kehidupan sebagai calon pemimpin masa depan. Kegiatan olahraga yang kompetitif akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengembangkan kepribadian berkarakter yang mengandung nilai-nilai kecerdasan, keterampilan, pengendalian emosional, disiplin, sportivitas serta perdamaian. UNY sebagai institusi pendidikan berkewajiban bukan hanya mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni namun juga wajib menyiapkan mahasiswa menjadi calon pemimpin bangsa yang memiliki kecerdasan menyeluruh baik intelektual, emosional, sosial maupun spiritual. Ketua Panitia Porma cabang bolabasket Wahyu Dian Prayoga memaparkan, dalam cabang bolabasket setiap tim terdiri dari 12 orang pemain yang berasal dari satu fakultas, termasuk seorang manager dan pelatih. “Maksimal tiap fakultas mengirim 2 tim putra dan 2 tim putri” katanya. Wahyu berharap dengan pertandingan bolabasket ini dapat sebagai sarana pembinaan dan pengoptimalan potensi mahasiswa di bidang bolabasket sekaligus menjalin silaturahmi dengan mahasiswa antar fakultas yang jarang bertemu sejak adanya pandemi. Kegiatan ini adalah salah satu upaya UNY dalam tujuan pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan kesehatan yang baik. (Dedy)

submitted by humas