KULIAH UMUM PRODI PEP: KONSEP DAN APLIKASI TEORI GENERALISABILITAS (TEORI G) DALAM PENELITIAN

8
Mar
2019

Jumat, 22 Februari 2019 jam 08.00 bertempat di ruang pertemuan barat lantai 3 Gedung Inovatif Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mahasiswa program studi Penelitian dam Evaluasi Pendidikan (PEP) mengikuti perkuliahan umum yang diselenggarakan oleh program studi PEP. Perkuliahan umum ini dibersamai oleh Prof. Kumaidi, Ph.D, yaitu dosen sekaligus ahli pengukuran yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa PEP.

Kehadiran Prof. Kumaidi, Ph.D. menggalang antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kuliah umum pada hari itu. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya kuota peserta, yaitu 60 mahasiswa. Tema perkuliahan umum pagi itu pun menambah antusiasme mahasiswa, yaitu "Konsep dan Aplikasi Teori Generalisabilitas (Teori G) dalam Penelitian". Kegiatan perkuliahan umum dibuka oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd. selaku Kaprodi PEP UNY dan turut serta dihadiri oleh dosen-dosen PEP UNY.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan oleh Prof. Kumaidi, Ph. D. bahwa pada dasarnya (rumus matematiknya), Teori G sama dengan Teori Tes Klasik, yaitu X = T + E. Perbedaannya, pada Teori G, estimasi dilakukan pada erornya (E), sedangkan pada Teori Tes Klasik estimasi dilakukan pada True Score (T).

Perkuliahan umum pagi itu semakin dimantapkan dengan demo penggunaan aplikasi Edu G oleh mahasiswa S3 PEP, yaitu Bapak Janu. Sebelum diberikan demonstrasi penggunaan aplikasi tersebut, disampaikan beberapa kelebihan aplikasi Edu G. Demonstrasi penggunaan aplikasi tersebut dilakukan secara detail per tahap. Melalui perkuliahan umum ini, mahasiswa PEP memperoleh pengetahuan tentang Teori G baik secara teoritik maupun secara aplikatif.

Perkuliahan umum pagi itu juga diiringi dengan sesi tanya jawab di bagian akhir yang diikuti secara aktif oleh mahasiswa. Setelah seluruh kegiatan selesai, kulah umum ditutup oleh Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, M.Pd. (TW)

submitted by humas