PPs Perkuliahan

Writing Camp Sebagai Sarana Akselerasi Studi

Sehubungan dengan masih banyaknya mahasiswa Pascasarjana yang hampir habis masa studinya dan belum menyelesaikan penulisan disertasi mereka, bag akademik Pascasarjana menggelar kegiatan untuk membantu mahasiswa menyelesaikan penulisan disertasinya secara efisien dan fokus serta memberikan kemudahan mahasiswa dalam mencari bahan-bahan referensi yang diperlukan.

FORUM DISKUSI KELUARGA MAHASISWA PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sabtu (23/10) Pelaksanaan kegiatan Forum Diskusi, diinisiasi oleh Keluarga Mahasiswa Pascasarjana mengusung tema Meta Analisis: Coding dan Analisis. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan platform zoom dan diikuti oleh 68 peserta. Forum diksusi ini dimulai pada Pukul 08.00 – 10.30 wib dan dibuka langsung oleh pendamping Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Prof. Dr.

FILSAFAT DAN AKAR TEORI PEDAGOGI KRITIS

Prodi S3 Ilmu Pendidikan PPs UNY mengadakan kegiatan Serial Forum on Eductional Sciences yang menghardirkan Dr. Sugeng Bayu Wahyono, M.Si. Dalam paparannya, Sugeng Bayu menjelaskan bahwa Pedagogi kritis (critical pedagogy) merupakan pendekatan pembelajaran yang berupaya membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktek-praktek yang mendominasi.

ENAM MAHASISWA DOUBLE DEGREE UNY SELESAIKAN STUDI

Dua mahasiswa yang berasal dari Prodi S2-Teknolologi Pembelajaran dan Prodi S2-PTEI telah melaksanakan Oral Defense secara langsung yang bertempat di gedung Graduate Institute of Network Learning Technology, National Central University yang mana Professor Yi-Tien Wu dan Professor Hui-Chun Hung bertindak sebagai penguji kedua mahasiswa tersebut.

PENGGUNAAN TEKNOLOGI UNTUK PEMBELAJARAN LINGUISTIC

“Computational linguistics (CL) adalah aplikasi ilmu komputer untuk analisis, sintesis dan pemahaman bahasa tertulis dan lisan” buka Prof. Girish Nath Jha dari Jawaharlal Nehru University India dalam pemaparannya di depan mahasiswa PPs UNY. Linguistik komputasi digunakan dalam terjemahan mesin instan, sistem pengenalan suara, synthesizer text-to-speech, sistem respons suara interaktif, mesin pencari, editor teks dan bahan pengajaran bahasa.

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ORANG DEWASA DI NEGARA BERKEMBANG

Negara berkembang pasti banyak memiliki masalah, terutama pada program pendidikan masyarakat. Negara berkembang menitikberatkan pada program pendidikan masyarakat. Pihak pemerintah telah mewadahi berbagai persoalan tersebut dengan payung pendidikan non formal. Dr. Gumpanat Booriboon dari Shrinakarinwirot University, Bangkok Thailand dihadirkan oleh Prodi S2 PLS untuk menjelaskan Perkembangan Pendidikan Orang Dewasa di Thailand. “Pendidikan orang dewasa yang telah lama dilaksanakan dan melembaga mempunyai tempat berpijak yang kokoh dalam sistem pendidikan Thailand.

PENTINGNYA TEKNOLOGI SELULER DALAM PEMBELAJARAN

Program Studi PTEI menghadirkan Dr. Elizabeth Hartnell-Young dari The University of Melbourne dosen tamu yang diundang pada kegiatan visiting professor. Elizabeth memiliki minat khusus yaitu pembelajaran profesional, teknologi seluler, dan sistem digital skala besar seperti eportfolios. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa magister PTEI angkatan 2018.

PONDASI DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Usia dini bisa dikatan “Golden Age” karena pada masa ini anak menemukan atau mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat luar biasa. “Di usia ini, pendidikan usia dini memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan anak selanjutnya” buka Prof. Dr. Noordin bin Mamat dari Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Noordin dihadirkan sebagai Visiting Professor dari Prodi S2 PAUD selama 5 hari. Lebih lanjut, Noordin menegaskan bahwa  pendidikan anak usia dini juga dapat di jadikan sebuah fondasi dasar kepribadian anak.

IDEOLOGY IN CHILDREN’S LITERATURE

“Ideology In Children’s Literature, Re-Reading The Giving Tree” materi yang disampaikan oleh Prof. Laura Apol dari Michigan State University, Amerika didampingi oleh Miss Isabella sebagai translator sekaligus penyelaras budaya, bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Sugeng Mardiyono Pascasarjana UNY. Pada kegiatan ini, Wadir II Pascasarjana, Dr. Dra Widyastuti Purbani, M.A selaku moderator yang memandu kegiatan.

DOSEN PPS BERI KULIAH DI UPSI MALAYSIA

Salah seorang dosen Program Studi S2 Pendidikan Matematika UNY, Endah Retnowati, Ph.D., memberikan perkuliahan tentang Penelitian Pendidikan Matematika, khususnya dalam bidang Cognitive Load Theory (CLT) pada tanggal 7-16 November 2019 di Fakultas Sains dan Matematics (FSM) UPSI, Malaysia. Selain mengajar, beliau juga melakukan kegiatan diskusi dengan dosen di fakultas tersebut terkait dengan riset di bidang CLT yang diharapkan akan membuahkan riset kolaborasi pada tahun berikutnya.