LEBIH DARI 5000 MAHASISWA YOGYAKARTA IKUTI GERAKAN VAKSINASI DI GOR UNY

1
min read
A- A+
read

GERAKAN VAKSINASI DI GOR UNY

Hingga saat ini, vaksin dinilai sebagai salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid- 19 disamping tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Vaksin dapat memicu sistem imunitas tubuh sehingga resiko tertular menjadi kecil dan jika tertular bisa mencegah terjadinya gejala berat dan komplikasi.

Akhir- akhir ini begitu marak kegiatan vaksin massal dengan harapan jika sudah banyak yang mendapatkan vaksin, maka bisa mendorong terbentuknya herd immunity (Kekebalan kelompok) .

Beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM) NUSANTARA, BEM UNY, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), , Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan beberapa aliansi mahasiswa lainya serta TNI dan Polri didukung  tim BIDOKKES POLDA DIY menyelenggarakan kegiatan vaksin massal untuk mahasiswa di Yogyakarta.

Kegiatan yang berjudul “Gerakan Vaksinasi Mahasiswa Yogyakarta Istimewa” berlangsung selama 2 hari yaitu 25- 26 Agustus 2021 di Gedung Olahraga (GOR) UNY.

BEM UNY mepunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan ini karena sebanyak 30 anggotanya bekerja sebagai tim lapangan dan mencari data mahasiswa UNY yang akan divaksin dengan syarat yang cukup ringan yaitu cukup menunjukkan serta Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan status masih berstatus mahasiswa aktif.

Respon mahasiswa untuk mengikuti kegiatan vaksin ini cukup tinggi terbukti sebanyak 5476 mahasiswa sudah mendapatkan vaksin dengan rincian 2550 mahasiswa hari pertama dam 2926 mahasiswa pada hari kedua. Khusus untuk mahasiswa UNY, sebanyak 1000 orang telah tervaksin.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., ketika membuka acara ini mengatakan sangat bangga karena kegiatan vaksin bagi mahasiswa ini menggunakan GOR UNY.

“GOR UNY memiliki banyak sejarah dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti menampung para pengungsi akibat gempa Bantul tahun 2006 dan erupsi Merapi di tahun 2010,’’ terang Sumaryanto yang juga seorang relawan serta aktivis kemanusiaan.

GOR UNY sendiri merupakan gedung olahraga berskala internasional dengan kapasitas 6000 penonton serta cukup sering dipakai untuk berbagai event baik skala nasional maupun international seperti AFC Futsal Championship, Indonesia Basketball League.
Ketua BEM UNY, Mutawakkil Hidayatullah melihat mahasiswa di Yogyakarta terutama mahasiswa UNY cukup antusias untuk mengikuti vaksinasi kali ini.

“ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memutus rantai penyebaran Covid- 19”, ujar Akkil. (Khairani Faizah)