MERAJUT SOLIDARITAS MELALUI DONOR DARAH

3
Dec
2019

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) gelar acara Donor Darah pada tanggal 27 November 2019 di Ruang Eks. Perpustakaan FIS. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Pekan HAM yang setiap tahun diselenggarakan oleh mahasiswa PKnH. Selain Donor Darah, kegiatan Pekan HAM lainnya meliputi Bakti Sosial dan Talkshow. Adapun Pekan HAM tahun ini mengusung tema “Merajut Solidaritas Demi Terwujudnya HAM yang Berkeadilan”.

Penangung jawab kegiatan, Lutfi, menuturkan bahwa kegiatan Donor Darah ini melibatkan PMI Sleman. Adapun animo peserta Donor Darah tidak hanya berasal dari mahasiswa FIS saja, namun juga mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UNY, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY, dan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM). “Bahkan Bapak dan Ibu dosen juga ada yang mendonorkan darahnya” imbuh Lutfi

Mahasiswa PKnH tersebut menambahkan, penyelenggara kegiatan menargetkan 50 kantong darah dan terkumpul sekitar 40 kantong.  Sebenarnya masih banyak yang ingin mendonorkan darahnya, namun karena keterbatasan waktu maka dari pihak PMI hanya membatasi sampai jam 12 saja. Tercatat peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 90 orang. Namun, peserta yang lolos pemeriksaan kesehatan hanya sekitar 40 orang saja. Darah yang terkumpul selanjutnya akan didistribusikan oleh pihak PMI.

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan sebagai wujud solidaritas kepada sesama manusia. Melalui kegiatan ini setidaknya juga dapat berkontribusi untuk menambah supply kebutuhan darah nasional. Menurut detik.com, angka keamanan darah nasional yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 2% dari jumlah populasi setiap tahunnya. Saat ini Indonesia masih membutuhkan 5 juta kantong darah untuk memenuhi standar tersebut. “Dengan demikian, donor darah yang dielenggarakan mahasiswa PKnH FIS UNY diharapkan dapat berkontribusi memberikan supply darah” imbuhnya. (Eko)

 

submitted by humas