POSKO SEBAGAI WADAH DISKUSI DAN SHARING MAHASISWA

1
min read
A- A+
read

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. PKM bertujuan untuk menggali potensi maupun kreativitas mahasiswa dalam menemukan permasalahan maupun peristiwa yang terjadi secara kritis dan mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan dikemas secara inovatif, efektif dan efisien. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang belum memahami bagaimana menyusun proposal PKM dengan baik dan benar. Hal ini mendorong UKMF Screen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) untuk mendirikan posko PKM guna memberikan pendampingan pembuatan proposal PKM lima Bidang bagi mahasiswa FIS.

Wakil Dekan III FIS UNY, M. Nur Rokhman, M.Pd. mengapresiasi adanya posko tersebut dan memberikan dukungan baik moral maupun sarana prasarana misalnya menyediakan tempat yang strategis di Gazebo depan Kemahasiswaan dan Ruang UKS FIS UNY, memfasilitasi anggaran dana, dan memberikan kemudahan komunikasi dalam pengesahan proposal. “Posko ini diharapkan mampu mendongkrak kuantitas dan kualitas PKM FIS UNY” jelasnya.

Salah satu koordinator Posko, Zakiah Noor Hidayati, mengungkapkan bahwa berbagai kegiatan telah dilakukan di posko misalnya memfasilitasi mahasiwa FIS UNY untuk menulis proposal PKM, konsultasi ide, membantu menyelesaikan pengesahan proposal, review administrasi, serta upload internal dan eksternal. “Posko didirikan sebagai bagian dari upaya meningkatkan PKM FIS. Namun, kehadiran posko juga perlu diikuti adanya sinergitas antara dosen dan mahasiswa pengelola posko. Mahasiswa pengelola posko lebih berfokus pada hal teknis dan administrasi sedangkan dosen mengawal isi proposal” paparnya.

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara tersebut menambahkan bahwa dengan adanya posko jumlah PKM mahasiswa mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya terutama PKM lima bidang. Hal senada juga diungkapkan oleh M. Nur Rokhman dimana jumlah PKM FIS yang pada tahun-tahun sebelumnya menduduki peringkat 6 dari tujuh Fakultas di UNY menjadi peringkat tiga. “Mengingat keberadaan posko ini banyak memberikan manfaat, saya berharap kegatan dan kontribusi posko ini dapat ditingkatkan lagi kedepannya” tutup Zakiah (Eko)