UKM KAMASETRA UNY SELENGGARAKAN LOMBA KREASI TARI TRADISI

1
min read
A- A+
read

UKM KAMASETRA UNY SELENGGARAKAN LOMBA KREASI TARI TRADISI

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kamasetra UNY menyelenggarakan lomba kreasi tari tradisi tingkat nasional ‘Lenggot Bawaraga’ yang dihelat secara online belum lama ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat remaja Indonesia agar berkreasi dibidang seni tradisi dengan tema keberagaman. Lomba tari diikuti oleh 62 tim dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum dari 13 provinsi di Indonesia.

Ketua UKM Kamasetra UNY Ferdi Biantoro menjelaskan bahwa UKM Kamasetra adalah singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi yang yang bergerak di bidang seni dan tradisi pada umumnya dan tradisi Jawa pada khususnya. “Semoga dengan lomba tari ini peserta dapat terfasilitasi untuk melestarikan budaya  Indonesia” kata Ferdi. Dia juga berharap agar dengan diadakannya lomba tari kreasi tradisi lenggot bawaraga tingkat nasional ini diharapkan para seniman muda dapat menumbuhkan kreasi mereka dibidang seni tari tradisional. Selain itu kegiatan ini dapat menjadi ajang pengenalan dan prestasi UKM Kamasetra dan Universitas Negeri Yogyakarta ke tingkat nasional. Menurut ketua panitia Ilma Fatimah dalam menyusun karya seni sangat dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan karya seni yang baik. Tari tidak tercipta secara instan, terdapat sebuah proses atau  langkah-langkah yang harus ditempuh dalam karya seni tari dimulai dari mencari ide-ide, yaitu melalui eksplorasi improvisasi dan pembentukan komposisi. “Semoga kegiatan ini dapat sebagai media pelestarian seni tradisi Bangsa Indonesia sekaligus menumbuhkan minat dan aparesiasi terhadap seni budaya Indonesia” katanya.

Dewan juri dalam kegiatan ini adalah penari dan koreografer Anter Asmorotejo, komposer Anon Suneko dan seniman Didik Hadiprayitno yang lebih dikenal sebagai Didik Nini Thowok. Penjurian dilihat dari kesesuaian tema, wiraga, wirama, dan wirasa. Juara 1 diraih oleh tim Kenya Kiprah dari DIY, juara 2 Taksu Krisna dari Bali dan juara 3 Mahatani Muratwangi UNY dari DIY. Kegiatan tersebut sesuai dengan pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan UNY dalam bidang pendidikan bermutu. (Dedy)