UNY PERKUAT KERJA SAMA DENGAN GUNUNGKIDUL MELALUI KERJA SAMA PENDIDIKAN DI LUAR DOMISILI

22
May
2019

Universitas  Negeri Yogyakarta (UNY) dan Kabupaten Gunungkidul memperkuat kerja sama yang selama ini terjalin dengan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Luar Domisili Universitas Negeri Yogyakarta di Kabupaten Gunungkidul. Penandatanganan PKS antara Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., dan Bupati gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos, dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2019 pada acara Upacara Dies UNY ke 55 di GOR UNY yang dihadiri Wakil Gubernur DIY, Dirjen SDID Kemeristekdikti, Rektor UGM, Rektor Perguruan tinggi mitra, seluruh Dosen UNY, tenaga kependidikan, para tamu undangan mitra UNY dan perwakilan mahasiswa. Dalam acara tersebut Bupati Gunungkidul didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga, Sekretaris Daerah, Asisten 1 Sekda, Kepala Bappeda, Kepala Kominfo, Staf Ahli SDM dan Kemasyarakatan, dan Jajaran Kerja Sama Kabupaten Gunugkidul.

Pendidikan di Luar Domisili adalah pelaksanaan kegiatan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi di luar domisili utama perguruan tinggi. Melalui penandatanganan kerja sama tersebut, UNY berharap dapat membantu masyarakat di Gunungkidul untuk semakin mudah mendapat akses pendidikan tinggi karena dengan Program Pendidikan di Luar Domisili masyarakat Gunungkidul semakin dekat apabila akan melanjutkan pendidikan tinggi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja sama yang dilaksanakan antara UNY dengan Gunungkidul yang telah terjalin selama ini. Beberapa kerja sama yang telah dilaksanakan antara UNY dengan Kabupaten Gunungkidul adalah partisipasi UNY dalam pengembangan Kampung Emas Dewi Sri di desa Putat Patuk, Bakti Sosial di Desa Bejiharjo, pendampingan dalam mengembangkan desa literasi di Bejiharjo serta berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat lainnya.

Penandatangann PKS tersebut merupakan langkah awal dalam penyelenggaraan PDD UNY di Gunungkidul. Selanjutnya, UNY berharap kegiatan kerja sama yang baik ini dapat didukung berbagai instansi yang terkait dan juga masyarakat. (Aji)

Tags: 
submitted by humas