Akselerasi UNY Menjadi Bagian dari Shandong University Alliance

1
min read
A- A+
read

Shandong

KBRI Beijing-UNY menjadi mitra kuat untuk implementasi kerja sama berbagai bidang dengan provinsi Shandong-China. Disela kesibukannya dalam kunjungan ke Korea, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes.,AIFO, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menghadiri pertemuan secara virtual dalam tajuk Investment, Trade, Culture & Tourism Exchange (China-Indonesia). Hadir dari mitra diantaranya Duta Besar KBRI Beijing, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Rektor dari tujuh universitas di Indonesia, Wakil Gubernur Dezhou, President University of Dezhou, serta perwakilan dari kedua negara. 

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Gubernur, Duta Besar KBRI Beijing, Sekretaris Jenderal ASEAN China Center (ACC), dan Kepala Bank Indonesia, Kantor Cabang Beijing. Selanjutnya adalah penandatanganan antara Shandong dengan tujuh universitas di Indonesia, serta pembukaan hubungan bilateral antara Shandong dan ASEAN. “UNY siap melaksanakan kegiatan program 5 in 1 dalam bentuk visiting professor, kolaborasi penelitian, publikasi, internship, dan kurikulum pembelajaran untuk universitas“ tutur Prof. Siswantoyo.

Melalui pembentukan aliansi kerja sama internasional antara Universitas China (Shandong) dan Indonesia, kedua belah pihak diharapkan saling berkontribusi dalam bentuk promosi, kerja sama yang saling menguntungkan yang telah dikembangkan dalam konsep “belt and road” dan perjanjian RCEP. Langkah tersebut akan dapat mendorong kemajuan bidang pendidikan, budaya, serta bidang lainnya. UNY telah melaksanakan akselerasi kerja sama akademik dalam wujud peningkatan sumber daya manusia bersama dengan ACC. Total SDM yang telah berhasil dalam program pelatihan berjumlah 8.000 orang dalam kurun waktu satu tahun. Hal inilah yang menjadi dasar keterlibatan UNY dalam mensukseskan program yang lebih besar dengan Provinsi Shandong.

Sebagai penutup, kegiatan yang akan dikerjakan dalam waktu dekat adalah internship bagi mahasiswa UNY di luar negeri melalui program MBKM, penelitian bersama, dan penerimaan studi lanjut mahasiswa S2 dan S3.

Penulis: Faqih Ma’arif

Editor: Dedy

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia