Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menerima kunjungan asesmen lapangan akreditasi nasional oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Senin hingga Selasa, 4–5 Agustus 2025, bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat UNY. Adapun program studi yang diasesmen adalah Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa dari Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) UNY.
Sebelumnya, Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa telah meraih akreditasi “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), serta akreditasi internasional pada tahun 2021. Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, S.Pd., M.Pd., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari total 151 program studi di UNY, baik jenjang S1, S2, maupun S3, sebanyak 87 prodi telah meraih peringkat akreditasi “Unggul”. Hal ini menjadi indikator kuat bahwa UNY terus berkomitmen menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi.
Dalam asesmen kali ini, LAMDIK menghadirkan dua asesor yakni Prof. Dr. Sumiyadi, M.Hum. (Guru Besar Sastra) dan Prof. Dr. Sumarwati, M.Pd. (Guru Besar Linguistik Terapan). Keduanya memberikan apresiasi atas sambutan hangat dari UNY dan menyampaikan harapan agar proses asesmen berjalan lancar dan produktif.
“Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari UNY. Semoga proses akreditasi dapat berjalan secara efisien dan memberikan penguatan pada berbagai aspek, baik dari sisi sarana prasarana, Laporan Evaluasi Diri (LED), hingga Rencana Strategis (Renstra),” ujar Prof. Dr. Sumiyadi.
Senada dengan itu, Prof. Dr. Sumarwati menambahkan bahwa kunjungan ini juga menjadi momen pembelajaran yang berharga. “Ini merupakan tindak lanjut asesmen yang kami lakukan, dan kami banyak belajar dari UNY, khususnya dalam hal pengembangan bidang yang relevan dengan keilmuan kami,” jelasnya.
Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa UNY memiliki visi menjadi program studi yang unggul, kreatif, dan inovatif di kawasan Asia Tenggara dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, dan penerapan pendidikan bahasa. Visi tersebut dilandasi budaya kerja sinergis dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.
Adapun profil lulusan yang dihasilkan mencakup berbagai peran strategis, antara lain sebagai pendidik dan peneliti di bidang bahasa/sastra, pengembang kurikulum, manajer pendidikan bahasa/sastra, serta konsultan pendidikan bahasa/sastra. Hal ini sejalan dengan semangat UNY untuk mencetak lulusan doktoral yang mampu berkontribusi signifikan dalam pengembangan keilmuan dan praktik pendidikan bahasa di tingkat nasional maupun internasional.
Dengan terselenggaranya asesmen ini, diharapkan Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa UNY semakin mantap dalam mengukuhkan posisinya sebagai pusat unggulan dalam bidang pendidikan bahasa di Asia Tenggara.