Asesmen Lapangan S1 Manajemen Pendidikan

1
min read
A- A+
read

Akreditasi

Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK)  melakukan kegiatan asesmen lapangan untuk program studi S1 Manajemen Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP), Universitas Negeri Yogyakarta pada Selasa-Rabu, 7-8 Maret 2023. Asesmen dilakukan oleh asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yaitu Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd. dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Prof. Dr. Muhammad Khafid, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang. Kegiatan asesmen lapangan dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah asesor dari LAMDIK, UPPS, task force S1 MP, dosen, pengguna dan alumni, mahasiswa, serta tenaga kependidikan.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., dalam pernyataannya, mengharapkan agar program studi ini senantiasa tampil secara kredibel, akuntabel, dan terus meningkat mutunya. Rektor juga mengapresiasi program studi S1 Manajemen Pendidikan sebagai salah satu yang memiliki S2 dan S3, tidak hanya jumlah kompetitornya dan pendaftarannya yang banyak, tetapi juga tata kelolanya yang baik.

Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan bahwa akreditasi ini berguna untuk memastikan bahwa perguruan tinggi menuju standar yang tinggi dalam memberikan pendidikan kepada mahasiswanya. "Akreditasi ini mencakup segala aspek, baik dari mulai kurikulumnya sampai kepada hubungan dengan masyarakatnya dengan jejaringnya, "jelasnya. Dalam melakukan asesmen lapangan, dilakukan pula dengan mewawancarai UPPS, tim task force, serta pembelajarannya menggunakan teknik studi dokumen dan teknik wawancara, dan observasi pembelajaran.

Prof. Dr. Muhammad Khafid menambahkan bahwa tidak ada yang harus ditakutkan dalam proses asesmen lapangan. "UNY akan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan akreditasi ini akan memastikan bahwa UNY sudah masuk ke jajaran universitas dengan kualitas pendidikan unggul di Indonesia, "jelasnya. Kegiatan asesmen lapangan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu program studi S1 Manajemen Pendidikan di UNY dan memastikan bahwa UNY terus meningkatkan reputasinya sebagai perguruan tinggi yang unggul.

Penulis : Mareta

Editor : Dedy

IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional