BAN PT Laksanakan Asesmen Lapangan Prodi S1 Ilmu Sejarah UNY

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Sabtu pagi (19/11) menerima kunjungan tim  Asesor BAN PT untuk melakukan Asesmen Lapangan Prodi Ilmu Sejarah S-1 FIS. Dua asesor yakni Prof. Dr. Herwadi, M.Hum  dan Prof. Dr. Yety Rochwulaningsih, M.Si.,  diterima langsung oleh Pimpinan UNY di Ruang Sidang Pimpinan Rektorat. Hadir  dalam penerimaan asesor tersebut  Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (WR UK), Prof. Dr. Edi Purwanto, M.Pd., Wakil Rektor Perencanaan danKerjasama Prof. Dr. Siswantoyo, S.Pd., M.Kes., (secara daring), Dekan FIS UNY Dr. Suhadi Purwantara, M.Si.,  Para Wakil Dekan FIS, Sekretaris LPMPP UNY, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja sama  (AKK) Kajur Pendidikan Sejarah,  Kaprodi  S1 Ilmu Sejarah, dan tim penjamu  FIS UNY. 

Prof. Edi Purwanto dalam sambutanya mengatakan bahwa UNY memberikan apresiasi persiapan yang dilakukan tim dalam proses akreditasi Prodi S1 Ilmu Sejarah. Edi   menegaskan bahwa UNY terus  berusaha melakukan berbagai teroborsan guna meningkatkan mutu  baik Akademik maupun non akademik. Edi memberikan salah satu contoh upaya meningkatkan kualitas UNY yang sudah ber-PTNBH adalah dalam peningkatan kualitas SDM. “Salah satu bukti kami dalam peningkatan SDM adalah bertambahnya jumlah doktor dan guru besar pada tahun 2022, yaitu 400 doktor serta 125 Guru Besar” tegas Edi.

Ia  mengungkapkan bahwa Fakultas Ilmu Sosial yang membawahi Prodi Ilmu sejarah saat ini sudah memiliki 9 Guru Besar. Dalam JurusanPendidikan Sejarah terdapat 3 guru besar. Edi berharap para asesor memberikan masukan terbaik guna meningkatkan kualitas khususnya Prodi Ilmu Sejarah. “Kami berharap Ibu Bapak Asesor memberikan catatan-catatan untuk peningkatan kualitas prodi kami khususnya” tambah Edi.

Prof. Herwadi sebagai asesor merasa tersanjung karena disambut langsung oleh Rektor UNY dalam hal tersebut adalah para WR. Ia berharap akreditasi  berjalan lancar dan memberikan catatan penting terkait borang akreditasi  Prodi S1 Ilmu Sejarah.  Herwadi berharap  segala isian data dari Prodi disesuaikan dengan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO), serta Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) disesuikan dengan kondisi di lapangan. “Jika  instrumen yang dibutuhkan sudah lengkap, ia berharap dirinya sebagai validator bisa memberikan penilaian yang terbaik sesuai dengan ekspektasi semua pihak” Tegasnya. Asesor kedua Prof. Yeti Rochwulaningsih menambahkan  bahwa nantinya dalam proses input data bisa dibuat singkat dan jelas serta bisa diakses dengan mudah, Ia juga berharap kerja sama dari semua pihak agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. 

Setelah diterima di tingkat universitas selanjutnya para asesor melakukan asesmen dengan para pimpinan dan penjamin mutu fakultas. Kedua asesor diterima langsung Dekan, para wakil Dekan, Unit  Penjamin Mutu Fakultas. Di Hadapan para Asesor Dekan FIS UNY Suhadi Purwantara menyatakan bahwa FIS berkomitmen dalam meningkatkan kualitas semua prodi. Kegiatan penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan berbagai dukungan baik dana maupun sumber daya.    

Setelah sesi dengan pimpinan para asesor melakukan validasi data dan laporan Evaluasi Diri. Sampai dengan jam 12.00 tim task force akreditasi  memberikan konfirmasi dan penambahan data untuk mendukung optimalisasi nilai akreditasi. Para asesor juga melakukan pertemuan dengan mahasiswa, alumni,   pengguna, observasi pembelajaran, dan cek sarana prasarana di FIS UNY. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan berita acara dan sambutan Dekan dan Asesor tepat pukul 17.30. Ketua Prodi Ilmu Sejarah  Danar Widiyanta, M.Hum. Berharap Prodi IlmuSejarah mampu mempertahankan akreditasi unggul.

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Dr. Supardi

IKU