Departemen Pendidikan Sosiologi UNY Menjadi Tuan Rumah Rakernas AP3SI

1
min read
A- A+
read

Rakernas AP3SI

Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sosiologi Indonesia (AP3SI) merupakan salah satu organisasi yang menaungi beberapa profesi yang berkecimpung di bidang sosiologi, yang terdiri dari dosen, guru, dan peneliti. AP3SI mengadakan rapat kerja nasional secara rutin untuk membahas berbagai program kerja yang disesuaikan dengan perkembangan keilmuan sosiologi dan kebutuhan yanga da di lapangan. Pada tahun 2024 ini, Departemen Pendidikan Sosiologi UNY berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan Rakernas AP3SI yang diselenggarakan pada tanggal 12-13 Januari 2024. Pada rakernas kali ini, dihadiri oleh pengurus pusat AP3SI dan beberapa anggota dari berbagai daerah di Indonesia. Rakernas dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum AP3SI, Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si. (Universitas Pendidikan Indonesia); Wakil Ketua yaitu Dr. Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A., (Universitas Negeri Yogyakarta), Sekjen yaitu Rakhmat Hidayat, Ph.D. (Universitas Negeri Jakarta), bendahara yaitu prof. Dr. Siti Nurbayani K, M.Si. (Universitas Pendidikan Indonesia), serta beberapa pengurus pusat dan anggota lainnya yang berasal dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas Pattimura, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Negeri Manado, SMAN 1 Kramat Kab. Tegal, dan SMAN 2 Unggulan Talang Ubi Sumatera Selatan.

Kegiatan rakernas dimulai pada hari Jumat, 12 Januari 2023 dengan agenda pertama yaitu pembukaan rakernas yang dihadiri dan sekaligus dibuka oleh Dekan FISHIPOL UNY, Prof. Dr. Supardi, M.Pd. Pada kegiatan pembukaan ini, terdapat juga penandatangannan perjanjian kerja sama antar beberapa lembaga yang hadir dalam rakeernas. Kegiatan Rakernas ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi dosen dan universitas saja, melainkan bisa dirasakan langsung oleh guru dan sekolah. Sehingga, pada siang harinya, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan diskusi yang diikuti oleh MGMP Sosiologi DIY, Mahasiswa PPG Sosiologi UNY, dan peserta rakernas dengan kegiatan bertajuk “Gathering dan Diskusi Buku Kurikulum Merdeka” yang bertempat di SMAN 7 Yogyakarta. Kegiatan diskusi ini menghadirkan narasumber dari 3 penulis buku Kurikulum Merdeka, diantaranya Andhy Surya Hapsara, M.Pd. (SMAN 7 Yogyakarta), Dr. Thriwaty Arsal (Universitas Negeri Semarang), dan Retno Kuning DP, S.Pd. (SMAN 1 Seyegan). Kegiatan ini mendapat animo yang luar biasa dari para guru sosiologi dan dilanjutkan dengan diskusi dan masukkan yang sangat membangun bagi program kerja AP3SI selanjutnya. Rangkaian kegiatan belum berhenti sampai disitu, malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan “Studi Komunitas” pada Cabaret Show di Malioboro. Pada agenda studi komunitas ini, peserta rakernas diajak untuk melihat sisi lain Jogja dengan berbagai fenomena sosial yang muncul dalam Pertunjukan Cabaret Show tersebut.

Hari kedua, Sabtu 13 Januari 2024, merupakan kegiatan inti yaitu pelaksanaan rapat kerja nasional yang dilakukan di Ruang Ki Hajar Dewantara FISHIPOL UNY. Kegiatan rakernas ini dilakukan dengan pembahasan program masing-masing divisi, dan kemudian dipresentasikan untuk memperoleh masukkan dari peserta lain.  Dalam kegiatan rakernas ini, pihak panitia juga berkesempatan memperkenalkan budaya Yogyakarta kepada peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya melalui makanan. Berbagai makanan tradisional disajikan dalam kegiatan rakernas seperti Thiwul, Gathot, Cenil, Klepon, Lupis, Ketan Bubuk, Wedang uwuh, Wedang Potek, dan tentu saja Gudeg. Berbagai makanan tradisional tersbeut menarik perhatian khusus dari peserta rakernas. Kegiatan rakernas berakhir pada pukul 16.00, diakhiri dengan penutupan dan hiburan.

Penulis: Admin

Editor: Dedy

IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus