Ecoprint Menjadi Model Inovasi Project Based Learning Di SMK Program Keahlian Teknik Kimia Industri

1
min read
A- A+
read

Ecoprint di SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu, beradaptasi di lingkungan kerja, melihat peluang kerja dan mengembangkan diri. Untuk tercapainya  kompetensi peserta didik,  sekolah  mempersiapkan  berbagai metode pembelajaran  agar peserta didik memenuhi indicator capaian pembelajaran sesuai dengan karakteristik topik pembejaran. Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan adalan Project Based Learning (PjBL), sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dicapai peserta didik.

UNY sebagai Universitas yang berkomitmen pada dunia pendidikan berperan serta dalam pengembangan SMK melalui pendampingan Pelaksanaan PjBL. Tim PKM UNY  yang terdiri dari Dr. Kun Sri Budiasih, Sukisman Purtadi, M.Pd dan Dr. Siti Marwati dari Prodi Kimia dan Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA, berkesempatan  memberikan pendampingan pelaksanan PJBL  pada Program Keahlian Teknik Kimia Industri di SMK N 1 Trucuk Klaten belum lama ini. Mitra SMK diwakili oleh Ibu Tri Nanik Wulandari, S.Si, selaku guru Mapel Kimia dan sekaligus Wakasek Humas.

Dalam program ini dilaksanakan 2 pendekatan  kegiatan yaitu : Pendampingan penerapan PjBL sesuai dengan konsep Kurikulum merdeka dan Penguatan materi proyek berupa  Pelatihan  pembuatan dan penggunan zat warna alami (zwa) tekstil dengan teknik ecoprint. Target yang dituju adalah meningkatnya kualitas pembelajaran pada Program studi / Program Keahlian Teknik Kimia Industri di sekolah mitra dan meningkatnya ketrampilan peserta didik dalam hal penggunaan pewarna alami tekstil untuk menamkan konsep Green Chemistry. Hal ini sesuai dengan visi sekolah untuk membentuk lulusan yang kompeten, berkarakter kuat dan berwawasan lingkungan.

Kegiatan ini menyiapkan  program pengembangan PjBL untuk mengimbangi perkembangan Kurikulum merdeka. Metode pembelajaran PjBL memungkinkan peserta didik mendapatkan kompetensi dengan tahapan yang lengkap. Materi yang dipilih adalah Produksi dan Aplikasi Pewarna Alami Tekstil Dengan Teknik  Ecoprint. Kegiatan diawali dengan diskusi perkembangan terbaru dan trend PjBL dan merumuskan ide yang digunakan untuk pembelajaran inovati dalam topik pewarna alami tekstil. Ecoprint, dipilih menjadi model inovasi pembelajaran pearan alami pada kelas PjBL program Keahlian Teknik Kimia Indutri ini. Pembelajaran materi pewarna almai tekstil dilakukan dengan  praktek pembuatan ecoprint pada kain katun. Ecoprint dibuat dengan 6 variasi warna yang seluruhnya menggunakan bahan pewarna alami sesuai dengan spirit Ecoprint yaitu spirit ramah lingkungan. Zat warna alami (ZWA) yang digunakan adalah tegeran, soga jambal, secang, tingi dan tanin. Satu kelompok warna lainnya adalah warna dasar putih. Dengan praktek ini siswa dikenalkan  dengan materi pewarana alami tekstil, diberi peluang untuk berkreasi mengerjakan suatu proyek. dengan cara yang menyenangkan. Sesudah pelatihan, diberikan juga materi “teknologi bersih” atau Greean technology, sabagai wawasan trend industri kimia masa kini dan masa depan. Hal ini  tak lepas  dari proyek pembelajaran berkonsep cinta lingkungan,

Hasil Kegiatan menunjukkan adanya antusiasme guru dan siswa dalam pendampingan Pengembangan PjBL, Pelatihan Ecoprint dan Pengenalan onsep Teknologi Bersih. Prototype produk eciprint digunakan sebagai contoh karya pembelajaran dan contoh produk untuk mata pelajaran lain yaitu Mapel kewirausahaan. Kegiatan ini telah menghasilkan Dokumen Kerjasama (IA) yang telah ditandatangani oleh  Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Ariswan dan Kepala Dinas Dikbud Jateng Wilayah V,  Agung WIjayanto, S.Pd, M.Pd. Adanya dokumen IA ini  menguatkan hubungan kerjasama antara UNY dan Dinas Pendidikan, serta sekolah-sekolah dalam cakupan dinas terkait.

Penulis: Kun Sri B.

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus