Garuda UNY Team Berpartisipasi Dalam KMHE 2023

1
min read
A- A+
read

Mobil Garuda UNY

Garuda UNY Team mengikutsertakan dua mobil dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober hingga 3 November 2023. KMHE sendiri merupakan sebuah lomba kendaraan yang berfokus pada penghematan bahan bakar tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai tuan rumah.

Setelah lolos seleksi Administrasi, Laporan Desain Kendaraan, dan Video Virtual Technical Inspection dilakukan secara daring (online) untuk memilih 60 tim finalis. Tim finalis tersebut mengikuti lomba di JIEC yang berada di Ancol. Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) ini memiliki 18 tikungan yang bentuknya seperti kuda lumping searah jarum jam dan dibangun di tanah seluas 35 hektar dengan panjang lintasan 2,4 kilometer. Menurut dosen pendamping Tim Garuda UNY Dr. Sutiman, pada hari Senin dilakukan technical inspection atau pengecekan kendaraan. “Race atau perlombaannya dilakukan pada Selasa dan Rabu besok. Kami berharap mendapat yang terbaik” katanya, Senin (30/10) di Jakarta.  

Pada agenda tahunan Puspresnas ini, Tim Garuda UNY membawa dua mobil berbasis energi terbarukan yakni Garuda UNY Eco Team I di kelas Urban Concept MPD Etanol dengan manager Irvanda Sri Purwanto, mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik dan Garuda UNY Eco Team II di kelas Urban Concept Motor Listrik yang diketuai oleh mahasiswa prodi D4 Mesin Otomotif Fakultas Vokasi, Sultan Muhammad Yusuf. Kedua mobil yang berkompetisi menggunakan renewable energy sebagai bentuk pengembangan teknologi bahan bakar.

Motif yang mendasari Team Garuda UNY mengikuti KMHE adalah kesadaran mahasiswa sebagai agent of change untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penanggulangan krisis energi dunia. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong generasi muda bangsa, terutama para mahasiswa untuk melahirkan teknologi otomotif yang hemat energi dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Berbekal optimisme serta semangat yang menggebu, Team Garuda UNY berangkat menuju KMHE dan diharapkan mampu membawa pulang hasil yang memuaskan sesuai yang diharapkan. “Juara harga mati, juara adalah tradisi kita” ucap dosen pembimbing tim mobil UNY Dr. Zainal Arifin sebelum keberangkatan.

Penulis: Zain Najib Rahmi

Editor: Dedy

MBKM
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus