Graduation Career Day Bagi Calon Alumni UNY

1
min read
A- A+
read

Peserta graduation career day

Dalam rangka menyongsong Wisuda Universitas Negeri Yogyakarta, Sub Direktorat Karir dan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta menggelar kegiatan Graduation Career Days dalam rangka memberikan sarana dalam menghubungkan wisudawan baru Universitas Negeri Yogyakarta serta pencari kerja pada umumnya di kota Yogyakarta ke dalam dunia usaha atau industri. Kegiatan ini digelar pada Rabu (29/11) di Auditorium.

Graduation Career Days dihadiri lebih dari 900 calon wisudawan secara luring dengan menampilkan narasumber Bimo Aji Pratomo dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Susana Nur Setianingsih dari PT Paragon dan motivator Erik Hadi Saputra. Dibuka oleh Sekretaris Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Guntur yang mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan empat kali setahun untuk memberikan pemahaman, ketrampilan dan performa untuk siap di dunia kerja. Pembekalan ini perlu karena dalam kurikulum tidak ada mata kuliah cara mencari kerja. “Kami mengundang 12 mitra kerja dalam acara ini” kata Guntur. Diinformasikan juga bahwa Sub Direktorat Karir dan Alumni tidak hanya di UNY tapi juga ada pada 86 perguruan tinggi yang tergabung dalam Indonesia Center Career Network.

Wakil Rektor Bidang Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Siswantoyo menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari 5 K yaitu Kampus, Kampung, Kraton, Kantor dan Komunitas dimana disini berkumpul para mitra dunia usaha yang dapat memilih calon tenaga kerja sesuai spesifikasi masing-masing. “Harapannya kegiatan ini juga dapat sebagai tahapan untuk mengakselerasi capaian indikator kinerja utama UNY khususnya IKU 1” ujarnya. Bagi para alumni untuk bisa menjadi best practice tentang kehebatan UNY pada seluruh lapisan masyarakat dimanapun serta mendukung saudara, sahabat, atau siapapun untuk studi lanjut di UNY. selain itu alumni UNY juga harus bisa menjadi caretaker di tempat tinggal maupun wilayah kerja masing-masing untuk mempercepat tumbuhnya kepengurusan ikatan alumni di daerah masing-masing.

Bimo Aji Pratomo memberikan paparan tentang informasi undang-undang tenaga kerja yang memberikan pemahaman secara teknis tentang hubungan industrial, perjanjian kerja, mekanisme pengaduan kerja, kewajiban dan hak pekerja. Susana Nur Setianingsih memberikan pemahaman secara teknis cara membangun personal branding untuk medapatkan pekerjaan dan memulai karir termasuk cara-cara yang harus dilakukan untuk memulai karir dan mendapatkan pekerjaan (CV, Psikotest, dan Wawancara Kerja). Sedangkan Erik Hadi Saputra memotivasi lulusan untuk dapat bergerak cepat dan taktis dalam mewujudkan cita-cita dan keinginannya. Ketua DPP IKA Prof. Suyanto juga memberikan arahannya tentang growth mindset agar alumni UNY lebih survive setelah lulus dari Karangmalang.

Salah seorang peserta, Heri Widodo dari prodi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY berharap agar dengan kegiatan ini dapat segera mendapat pekerjaan sesuai dengan passionnya di bidang elektronika. Sedangkan Luluk Mufarida berkeinginan dapat menjadi penerjemah Bahasa Perancis sesuai prodinya saat kuliah di UNY.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak