Juara itu "by Design"

1
min read
A- A+
read

Kurang lebih 29 delegasi dari Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) pada Selasa (7/6) mengunjungi Universitas Negeri Yogyakarta. Rombongan dipimpin oleh Rektor UNSIKA, Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak, CA, ASEAN CPA didampingi oleh para wakil rektor, Dewas BLU, Kabiro, Tim IKU, dan lainnya terkait dengan pemeringkatan.

Rektor UNSIKA menyatakan bahwa maksud dan tujuannya mengunjungi UNY, karena UNY telah berhasil dalam hal pemeringkatan IKU, terbukti tahun 2021 meraih peringkat 2. Dari 8 indikator dalam IKU, UNY memperoleh medali emas sebanyak 5 IKU. Sehingga UNSIKA tertarik mengunjungi UNY untuk share pengalaman dan pengetahuan tentang IKU.“Harapannya dengan kunjungan ini, UNSIKA memperoleh pengetahuan, pengalaman, best praktik tentang pemeringkatan, capaian IKU, maupun Peraturan tentang Pengadaan Barang dan Jasa,” demikian harapan dari Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengharapkan pula bahwa kunjungan ini tidak hanya terbatas pada acara ini, tetapi dilanjutkan dengan adanya MoU, MoA dan juga IA. “Semoga kegiatan ini dapat dilajutkan dengan MoU atau MoA bahkan sampai dengan IA” pintanya. Rombongan dari UNSIKA diterima langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. di Ballroom Hotel UNY, didampingi oleh para wakil rektor, ketua senat, ketua SPI, dan beberapa pejabat terkait dengan kegiatan IKU.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNY menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih dan siap membantu menyampaikan informasi yang dibutukan dari kunjungan UNSIKA ini. “Apa yang dapat kita sinergikan, UNY siap untuk membantu. Kami harus memuliakan tamu, walaupun kami menggunakan bahasa Jawa, sebagai identitas karena berada di wilayah Yogyakarta,” kata Sumaryanto.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, serta ikut mendampingi Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNY. Banyak hal yang dibahas dalam diskusi ini, pentingnya menyiapkan talent terutama untuk mahasiswa agar berprestasi. Siswantoyo mengungkapkan, “juara itu by desain, jadi calon juara itu dibuat, dirancang untuk menjadi juara dengan cara dibina, itulah yang dilakukan UNY untuk berprestasi baik dibidang kemahasiswaan maupun akademik.”

Pada akhirnya, dengan adanya kegiatan ini, kedua perguruan tinggi sepakat dengan apa yang dilakukan adalah sesuai dengan visi misi kedua perguruan tinggi yaitu bertujuan untuk berkontribusi dalam perjalanan bangsa terutama peningkatan mutu pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.  (Joy binsoed).