KPRI MS UNY Meraih Juara II Koperasi Berprestasi Kabupaten Sleman Tahun 2022

1
min read
A- A+
read

Pengurus dan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Mapan Sejahtera Universitas Negeri Yogyakarta (KPRI MS UNY) yang berbadan hukum Nomor 1102/BH/IX, tanggal 3 Oktober 1986, patut berbangga hati, karena pada hari ini Rabu (22/6) terpilih menjadi juara II Koperasi Berprestasi Kabupaten Sleman tahun 2022 untuk Jenis Koperasi Pemasaran.

Sertifikat penghargaan diberikan oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, R Haris Martapa, S.E., M.T., bertempat di Aula Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman. Dari pihak KPRI MS UNY, sertifikat diterima langsung oleh Dr. Siswanto, M.Pd. selaku Ketua KPRI MS UNY. Beberapa perwakilan koperasi juga memperoleh penghargaan baik jenis koperasi jasa, jenis koperasi konsumen, maupun jenis koperasi produsen.

Dalam sambutannya Haris Martapa menyampaikan bahwa dari lomba ini yang dinilai meliputi berbagai aspek. “Jadi bapak/ibu, dari lomba ini berbagai aspek yang dinilai meliputi aspek organisasi, aspek tatalaksana dan manajemennya, aspek produktivitasnya, kemudian dari aspek manfaat dan dampaknya, yang terakhir adalah aspek daya saing pengembangan dari koperasi bapak ibu semua” uraian Haris Martapa.

“Untuk saat ini pemerintah sedang menggalakkan untuk pemakaian produk dalam negeri. Sehingga pemerintah itu sangat memperhatikan adanya keberadaan adanya koperasi dan UKM. Oleh karena itu, kami mohon untuk bapak ibu juga bisa masuk atau memanfaatkan e-catalog,” tambah Haris Martapa.

Terakhir, Haris Martapa mengajak untuk sama-sama berkontribusi di Hari Koperasi dengan memberikan berbagai masukan pada saat dialog dengan Bupati Sleman. Di samping itu memohon dorongan dan support untuk selalu bertemu dan dialog dengan koperasi yang berada di Sleman, baik dengan pengurus maupun anggota untuk selalu mendorong masyarakat terutama generasi muda agar dapat berkontribusi mengembangkan koperasi.

Sedangkan Siswanto, ketua KPRI MS UNY menyampaikan rasa syukur atas capaian ini, hasil tidak akan mengingkari usaha. “Dengan meningkatkan layanan pada konsumen, menjaga kualitas produk, dan memberikan discount dan promo. Itulah usaha maksimal yang kita lakukan selama ini, sehingga kita memperoleh penghargaan ini.”

Lebih lanjut Siswanto mengatakan, “KPRI MS merupakan koperasi pegawai yang memiliki anggota yang mudah dikelola keuangannya saat ada transaksi dan aktivitas ekonomi. Memiliki permodalan yang sudah mapan. Memiliki pangsa pasar yang jelas, itulah keunggulan KPRI MS.”

“KPRI MS akan terus meningkatkan layanan dengan menyesuaikan dengan perkembangan IT (penjualan online), dan menambah keberagaman produk penjualan,” janji Siswanto untuk meningkatkan layanan. (Joe binsoed).