Launching Global Partnership Fair UNY

1
min read
A- A+
read

Dibuka Wakil Rektor RKSIU UNY

Universitas Negeri Yogyakarta melaunching Global Partnership Fair di Ruang Sidang Rektorat, Jumat (27/10). Menurut penanggungjawab kegiatan Prof. Mochamad Bruri Triyono kegiatan ini untuk menunjukkan kinerja UNY yang terkait beberapa aktivitas yang dikemas dalam global partnership. “Karena namanya global partnership makan tidak hanya nasional dan regional namun juga internasional” katanya. Global partnership fair dirancang sebagai platform untuk memfasilitasi pertemuan dan kemitraan antara berbagai pemangku kepentingan yang meliputi perguruan tinggi, industry, organisasi nirlaba, pemerintah, media massa, sekolah, dan individu yang memiliki minat serupa. Tujuannya antara lain untuk mendorong kolaborasi konkret antar semua mitra, memfasilitasi promosi dan inovasi untuk menangani tantangan global serta menyediakan kesempatan untuk belajar melalui workshop dan diskusi yang relevan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam global partnership fairt ini diantaranya talkshow, diskusi, forum group discussion, sharing session dan nota kesepahaman. Bruri berharap agar agenda ini juga dapat meningkatkan indeks kinerja universitas (IKU) utamanya IKU 6 dan sebagai evidence bagi penyelenggara pemeringkatan baik nasional maupun internasional.

Dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, Inovasi dan Usaha UNY Prof. Margana yang mengatakan bahwa kegiatan ini menggandeng Asian Academic Society for Vocational Education and Training (AASVET). “Kami minta bapak ibu semua mengawal kegiatan global partnership fair karena ini program ikonik dimana seiring UNY menjadi PTNBH kita harus meningkatkan kolaborasi” papar Margana. Sesuai dengan skema heksahelix dimana ada enam pilar yaitu pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha dunia industri, masyarakat umum, sekolah dan media massa. Wakil Rektor mengajak untuk mendukung acara ini agar dapat berjalan lancar.

Dikatakan Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, Inovasi dan Usaha Dr. Nunik Sugesti bahwa kegiatan ini untuk mendorong terbangunnya jejaring kemitraan yang kuat antara UNY dan pihak-pihak lain untuk mewujudkan kolaborasi. Selain itu kegiatan ini juga dirancang untuk mempromosikan produk-produk penemuan penelitian, inovasi, dan berbagai layanan yang dapat ditawarkan UNY kepada mitra-mitra sebagai bentuk implementasi kerja sama. “Melalui sesi-sesi diskusi, showcase, talkshow, dan sharing session yang diselenggarakan, UNY dan mitra-mitra berkesempatan untuk saling belajar dan berbagi pengalaman terkait berbagai isu penting untuk pengembangan lembaga masing-masing ke depannya, terutama dalam bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha” tutup Nunik.

Puncak kegiatan global partnership fair adalah seminar internasional yang dilaksanakan 8-9 November 2023 menghadirkan President of AASVET dari Seoul National University Dr. Seung Il-Na, Centre Director SEAMEO VOCTECH at SEAMEO VOCTECH Regional Centre Brunei Mr. Alias Haji Abu Bakar, M.Sc., Head of UI GreenMetric Indonesia Prof. Riri Fitri Sari dan keynote speaker Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Dr. Kiki Yuliati.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat