MODEL MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMANFAATAN SMARTPHONE UNTUK SEKOLAH MENENGAH DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

1
min read
A- A+
read

Sugeng Widarso mengembangkan Produk penelitian berupa model manajemen program pendidikan karakter berbasis pemanfaatan smartphone yang teruji, efektif dan memiliki kualitas keterapan yang tinggi untuk sekolah menengah di era revolusi industri 4.0. Produk yang digunakan Sugeng ini merupakan model yang dihasilkan menggunakan sistem manajemen yang terdiri atas input, proses dan output. Sementara itu fungsi manajemen yang diterapkan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

Sugeng Widarso menjelaskan bahwa perangkat utamanya adalah sebuah panduan penggunaan model manajemen program pendidikan karakter berbasis pemanfaatan smartphone untuk sekolah menegah dalam era revolusi industri 4.0. Perangkat pendukungnya adalah kumpulan materi karakter berupa buku cerita hikmah, buku panduan pelaksanaan program pendidikan karakter berbasis pemanfaatan smartphone, dan sebuah website peningkat karakter beserta panduannya.

Lebih lanjut, Sugeng mengangkat tema ini karena manajemen pendidikan karakter di sekolah menengah belum memanfaatkan smartphone. Belum adanya upaya dari pemerintah maupun dari pihak sekolah menengah melalui studi yang mendalam terkait pemanfaatan smartphone sebagai alat bantu. “Belum adanya regulasi dari pemerintah yang baku tentang pemanfaatan smartphone dan juga belum adanya model manajemen program pendidikan karakter berbasis pemanfaatan smartphone untuk sekolah menengah dalam era revolusi industri 4.0” tukas Sugeng Widarso didepan para penguji ujian terbuka. (ant)