Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Peserta Internship Internasional Batch II di Jepang

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Unit KKN, PK, PI dan Magang Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kegiatan Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Peserta Internship Internasional di Jepang Rabu (29/2). Sejumlah 43 mahasiswa dari 10 Program studi akan melaksanakan Internship di 7 perusahaan, yaitu Watanabe Kogyo, Co., Ltd; Yokoyama Kenma Kogyo Co.; Yutaka Seisakusho, Co., Ltd.; Sagami Fresh Co,. Ltd.; Imazato Foods Co., Ltd.; Marco Foods Co., Ltd.; dan Mutou Densetsu Kougyo, Co., Ltd. Sejak tahun 2017, UNY secara rutin mengirim mahasiswa ke Jepang, untuk melaksanakan internship selama 6 bulan hingga 1 tahun, di industri yang relevan dengan program studi asal mahasiswa.

Pembekalan dan Pelepasan Internship Internasional di Jepang dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. AIFO. “UNY berkomitmen untuk meningkatkan kualitas program Internship mahasiswa di Jepang, dengan penguatan kolaborasi industri dan menggandeng berbagai universitas di Jepang untuk rekognisi akademik” katanya. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, Koordinator Program Studi, Mitra dan Orang Tua/Wali Mahasiswa. “Kegiatan Internship Intenasional di Jepang tahun 2024, atas seizin Bapak Ibu semuanya, termasuk Orang tua atau wali mahasiswa, dan atas ridho Tuhan Yang Maha Esa, Kita awali dan kita lepas dengan bacaan Basmallah bersama-sama” tutup Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. AIFO.

Pada kesempatan ini, mitra dari Meisou Co., Ltd, secara daring dari Jepang, memberikan materi pembekalan yang berkaitan dengan adaptasi budaya kerja dan budaya hidup di Jepang. Materi tersebut sangat penting agar mahasiswa bisa menyiapkan berbagai hal, termasuk fisik, mental atau sikap, agar dapat beradaptasi di Jepang. “Ucapan terimakasih yang pertama harus kami ucapkan adalah kepada orang tua yang telah mengantarkan kami dengan segala jerih payah dan kasih sayang, sampai berada di titik ini. Untuk selanjutnya kepada almamater tercinta kami, Universitas Negeri Yogyakarta, mitra dan perusahaan penerima internship, kami mengucapkan terimakasih karena telah memfasilitasi kami untuk menapakkan langkah pertama di Luar Negeri, untuk meningkatkan kompetensi dan adaptasi teknologiZahra Karima Hayati, mahasiswa Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik UNY, mewakili 42 mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang.

Pada Batch sebelumnya, sejumlah 19 mahasiswa telah diberangkatkan pada bulan Januari dan Februari 2024. Selama melaksanakan program Internship atau Magang di Jepang, perusahaan memberikan fasilitas transportasi (Indonesia-Jepang), Uang Saku dan apato/apartemen/dormitori.

Penulis: Yosep Efendi

Editor: Dedy

 

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus