PENEBARAN BIBIT IKAN SEBAGAI INISIASI KEGIATAN DIES NATALIS KE-56 UNY

1
min read
A- A+
read

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M. Pd. secara simbolis menyerahkan bibit ikan kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata Serpeng, Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Sutikno. Sutrisna mengungkapkan bahwa bantuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Semanu dan sekitarnya. “Bibit ikan ini sedianya ditebar di Telaga Srilulut, Pedukuhan Serpeng agar masyarakat sekitar bisa mendapatkan manfaatnya” Ungkapnya pada Sutikno.

Dengan didampingi sejumlah Panitia Dies Natalis ke-56 UNY Sutrisna menyerahkan benih ikan nila sebanyak 258 kg. Ketua Karang Taruna Serpeng, Subarno, mengatakan Telaga Serpeng menjadi andalan pendapatan bagi pedukuhan. Dari membuka pemancingan di telaga itu, setiap tahunnya Karang Taruna menyisihkan anggaran Rp 15 juta untuk membeli bibit ikan. Ada tiga jenis ikan yang diminati pemancing, yakni tawes, tombro dan nila.

Hasil itu, terang Subarno, berasal dari budidaya ikan. Setiap musim panen ikan, pengelola telaga, yakni Karang Taruna, mengadakan kegiatan mancing harian. Harga tiket Rp 50 ribu untuk mancing sehari. Bibir telaga yang memutari luas telaga sekitar 5 ha, dapat disediakan 765 lapak pemancingan. (iry/ant)