Pengajian Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia UNY

1
min read
A- A+
read

H. Mustofa Ismail

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) UNY mengadakan pengajian rutin di Kampus UNY Wates, Minggu (19/11) yang diisi oleh H. Mustofa Ismail, LC., MA.

Menurut Ketua IPHI UNY Prof. Ariswan melihat aura dari para hadirin mengingatkan saat sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci. “Insya Allah tanpa terkecuali kita semua menjadi haji mabrur” kata Ariswan. Untuk menjaga kemabruran itu dibentuklah IPHI UNY. Ariswan juga berharap agar kegiatan ini senantiasa ada dan juga memberi keberkahan pada UNY. Rektor UNY Prof. Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan hari ini juga dapat sekaligue menjadi sarana monev bagi para jamaah haji UNY yang datang dimana bisa memberikan masukan mana hal yang masih kurang dan perlu diperbaiki bagi Kampus UNY Wates.

Dalam kesempatan ini Mustofa Ismail menyampaikan pengajian bertema ‘Pandangan Syariah Terhadap Pendidikan Vokasi’. Dikatakannya bahwa pendidikan vokasi itu penting namun harus ada tuntunan dan ada ruhnya. Mustofa mencontohkan bahwa di Jepang pekerjaan banyak dan mapan namun banyak yang bunuh diri. “Hal tersebut karena kehampaan ruh dalam jiwanya disela kemonotonan pekerjaan” katanya. Untuk itu Mustofa menyarankan agar ada keseimbangan jasmani dan rohani agar dalam melakukan pekerjaan sehari-hari tidak seperti mesin.

Kegiatan diikuti oleh lebih dari 50 orang anggota IPHI UNY. Hadirin juga mengunjungi Plaza dan Hotel UNY Kampus Wates dan berbelanja keperluan sehari-hari. Acara ditutup dengan ramah tamah.

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah organisasi nirlaba yang dibentuk oleh para alumni haji yang telah menyelesaikan ibadah haji. Organisasi ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar alumni haji UNY, meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama Islam, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. IPHI UNY didirikan pada tanggal 24 Mei 2010. Organisasi ini memiliki anggota yang berasal dari berbagai fakultas dan jurusan di UNY. IPHI UNY telah melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya pengajian rutin setiap bulan, bakti sosial, seminar dan diskusi, serta studi banding.

IPHI UNY juga telah berkontribusi dalam pembangunan Masjid Al-Ikhlas di Desa arangtengah, Kecamatan Giricahyo, Kabupaten Gunungkidul. Masjid ini dibangun atas dana sumbangan dari para anggota IPHI UNY. IPHI UNY memiliki visi untuk menjadi organisasi alumni haji yang unggul dalam bidang keagamaan dan kemasyarakatan. Organisasi ini berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas anggota dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat