Philosofis UNY Raih Award Anugerah Dewan Pers 2023

1
min read
A- A+
read

Anugerah Dewan Pers 2023

Philosofis adalah suatu organisasi yang bergerak dibidang jurnalistik yang ada di tingkat FISHIPOL (Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Politik) Universitas Negeri Yogyakarta, yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan humanisme yang berdiri pada 18 juli tahun 2018.

Dewan pers merupakan penghargaan untuk para jurnalis dan media yang bergerak untuk mengedepankan intergritas dan mutu jurnalisme di Indonesia, penghargaan ini diberikan untuk jurnalis yang menjunjung tinggi kode etik dan kebenaran karena kebenaran merupakan elemen tertinggi dalam jurnalisme. Acara ini dilaksanakan pada hari Jum’at 10 November di JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan.

Proses dalam mendapatkan penghargaan ini cukup panjang dan berkaitan erat dengan didirikannya philosofis, tujuan utama philosofis didirikan adalah untuk kelompok minoritas di lingkungan kampus.

Dewa, mahasiswa program studi S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu sosial, Hukum, dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Yogyakarta selaku perwakilan dari Philosofis UNY 2023 saat ditanya mengenai bagaimana proses Philosofis hingga berhasil meraih juara 2 dalam acara tersebut.

“Sewaktu masa liburan semester, saya pergi ke Demak. Saya membuat reportase feature kemanusiaan yang mengangkat tentang kondisi di Dukuh Timbulsloko yang mengalami bencana karena dampak pembangunan dan juga krisis iklim serta penurunan permukaan tanah. Banyak proses yang dialami ketika melakukan penulisan ini”. ucapnya, Jum’at (17/11/23).

Artikel yang membuat Philosofis masuk nominasi feature isu kemanusiaan dalam event Pers Mahasiswa yaitu “Mata Pencaharian Hilang Akibat Rob, Warga Dukuh Timbulsloko Tak Mampu Membayar Uang Relokasi” yang ditulis oleh Dewa Saputra. Artikel ini bisa dibaca pada https://www.philosofisonline.id/ yang menyuarakan tentang keluhan warga Timbulsloko terkait isu di Dukuh tersebut seperti relokasi desa.

Penyerahan penghargaan diserahkan oleh wakil ketua dewan pers, dan untuk penghargaan tersebut diterima oleh perwakilan dari redaksi Philosofis yaitu Dewa Saputra.

Setelah mendapatkan penghargaan tersebut, Philosofis menjadikan ini sebagai suatu kebanggaan untuk menjadi lebih semangat dalam menyuarakan suara minoritas baik internal maupun eksternal kampus serta kedepannya tetap berkomitmen dalam menyuarakan isu kelompok minoritas lingkup kampus maupun diluar dan akan lebih produktif lagi dalam membuat reportase tentang kebenaran.

Penulis: Aulia & Saharani

Editor: Khairani Faizah

 

IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus