Rektor Lantik 130 Pengurus Ormawa UNY Periode 2023

1
min read
A- A+
read

Berorganisasi mampu mengembangkan diri dengan cara yang lebih bebas dan luas. Tentunya mahasiswa yang mengikuti suatu organisasi akan berbeda dengan mahasiswa yang hanya belajar di kelas saja. Organisasi dapat juga melatih kedisiplinan, keberanian, dan juga mengembangkan kemampuan.

Universitas Negeri Yogyakarta mewadahi aktivitas kegiatan kemahasiswaan. Organisasi mahasiswa (Ormawa) di tingkat universitas terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM). Ormawa di tingkat Fakultas adalah Badan Ekesekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF), sedangkan di tingkat departemen/prodi terdapat Himpunan Mahasiswa (HIMA) departemen/prodi. Sementara itu, untuk mewadahi minat, bakat, dan pembinaan prestasi mahasiswa, terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat universitas dan fakultas. BEM KM UNY adalah lembaga eksekutif tertinggi di tingkat universitas yang menjalankan roda pemerintahan mahasiswa, yang semuanya memiliki periode kepengurusan selama 1 tahun.

Sehubungan dengan hal tersebut, kepengurusan Ormawa UNY periode 2022 telah berakhir dan digantikan dengan kepengurusan periode 2023. Bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Rabu (18/1), Rektor UNY melantik 130 mahasiswa yang merupakan perwakilan Pengurus dari unsur Ketua, Sekretaris, Bendahara Ormawa/UKM Periode Tahun 2023. Adapun pengurus Ormawa/UKM yang dilantik terdiri unsur BEM, DPM, dan UKM: Penelitian, Lembaga Pers Mahasiswa Ekspresi, Radio Magenta, Bahasa Asing “Safel”, Rekayasa Teknologi, Kamasetra, Unit Studi Sastra dan Teater “Unstrat”, Seni Rupa dan Fotografi “Serufo”, Music “Sicma Band”, Paduan Suara Mahasiswa “Swara Wardhana”, Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Catur, Marching Band Citra Derap Bahana, Hockey, Judo, Karate “Inkai”, Madawirna, Panahan, Pencak Silat, Renang, Sepakbola, Softball-Baseball, Tae Kwon Do, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Sepak Takraw, Unit Kegiatan Kerohanian Islam, Ikatan Keluarga Mahasiswa Katholik, Persekutuan Mahasiswa Kristen, Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma, Resimen Mahasiswa “Pasopati”, KSR PMI Unit, Pramuka, Koperasi, dan Kewirausahaan.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menyampaikan apresiasi kepengurusan ormawa 2023, "Alhamdulillah pelantikan sukses, ini tentunya tidak dapat dilepaskan oleh kepengurusan ormawa 2022. Buktinya sudah terjadi pelantikan yang sudah dikondisikan oleh Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., aman-aman, mandali. Ini salah satu sukses kepengurusan yang lama, matur nuwun kepada pengurus lama” kata Prof. Sumaryanto.

Lebih lanjut Rektor berharap, “Ini kewajiban bagi pengurus baru, ayo prestasi yang telah ditorehkan kepengurusan yang lama tidak hanya dipertahankan, ditingkatkan terutama yang baik, dikurangi terutama yang kemarin kurang baik. Mikul duwur mendem jero. Prestasi yang baik ditingkatkan.”

Afgan Mabdanur Ramadhani sang Ketua BEM periode tahun 2023 mengapresiasi pelantikan ini, dan berharap pengurus Ormawa yang baru segera bersinergi, bersatu padu dari Ormawa tingkat universitas, fakultas, sampai departemen sesuai dengan bidang ormawa masing-masing. Disinggung tentang program kerja unggulan, Afgan menyampaikan, “Harapan kedepan, kami akan mengadakan Gebyar Pendidikan dan Student University Open House, mengenalkan UNY kepada teman-teman untuk mengenal lebih dekat tentang semua departemen yang ada di UNY sehingga animo mahasiswa UNY semakin meningkat".

Selamat bekerja dan berjuang untuk pengurus Ormawa periode 2023, semoga UNY semakin tenar lembaganya dan sejahtera warganya.

Penulis: Soed Bin Jack
Editor: Prasetyo

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus