Roadshow PT. INKA (Persero) Madiun ke UNY

2
min read
A- A+
read

Berfoto bersama seusai workshop

PT. INKA (Persero) Madiun mengunjungi Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka memperkuat kerja sama link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri, yang diterima di Hotel UNY, Senin (30/5). Rombongan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Margana, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Siswantoyo, para wakil dekan bidang akademik dan ketua jurusan fakultas di UNY. Dalam sambutannya Margana mengatakan bahwa kolaborasi berbasis heksahelix antara akademisi perguruan tinggi, industri, pemerintah pusat dan daerah, masyarakat sekolah, media massa serta dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja menjadi tulang punggung tujuan perguruan tinggi. “Oleh karenanya perlu memupuk kolaborasi secara terus menerus antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dunia industri” kata Margana. Lebih lanjut dikatakan bahwa UNY memiliki tiga jenis pendidikan yaitu vokasi, profesi dan pendidikan akademik. Dan yang sangat erat kaitannya dengan dunia usaha dunia industri adalah pendidikan vokasi UNY dengan 14 program studi di Kampus Wates dan Gunungkidul. UNY juga memiliki 61 program studi pendidikan akademik dimana 34 prodi diantaranya adalah non-kependidikan. Senada dengan kebijakan Mendikbudristek tentang merdeka belajar kampus merdeka UNY juga merancang program magang selama 6 bulan yang match dengan keinginan PT. INKA yang menginginkan program magang yang sama, khususnya S1 sarjana terapan. UNY juga mempunyai program untuk Praktik Kerja Lapangan, Praktik Industri dan magang selama satu semester, bahkan untuk prodi vokasi KKN tidak harus di masyarakat namun juga dapat di industri. Sehingga para mahasiswa mengenal ekosistem kerja sehingga saat mereka lulus tidak ada keraguan untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab keahlian yang dimiliki.

Menurut Senior Manager Pengembangan Perusahaan Muhammad Arthur Akbar, PT. INKA (Persero) sebagai perusahaan manufaktur kereta api yang mencakup pasar nasional dan internasional terus berupaya untuk memenuhi dan meningkatkan kompetensi serta resources perusahaan sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas melalui berbagai langkah, salah satunya dengan membentuk kerja sama dengan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai tempat mengasah dan menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia memiliki peran penting untuk membentuk tenaga kerja yang mampu menjawab kebutuhan dan tuntutan dunia industri” katanya. Dalam rangka menyiapkan sumber daya yang akan mampu menjawab perubahan sosial, budaya, dan kemajuan teknologi yang pesat, maka kompetensi harus disiapkan dengan lebih baik. Kerja sama perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri untuk penguatan kompetensi dapat menjadi jawaban atas tuntutan adanya link and match antara perguruan tinggi dan dunia kerja, bahkan adanya perencanaan dan penyelenggaraan bersama secara terstruktur akan menciptakan link and super match bagi kedua belah pihak.

Roadshow PT. INKA (Persero) ke UNY ini diikuti oleh Senior Manager Pengembangan Perusahaan Muhammad Arthur Akbar, Senior Manager Design Engineering Kristanto, Manager Pengembangan Organisasi Erlinda Permata Sari, Manager Hukum Henny Lyna M dan dua orang staf. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang prospek kerjasama antara kedua belah pihak seperti magang mahasiswa, magang dosen hingga potensi pemberian kuliah umum baik dari dosen UNY ke PI. INKA maupun praktisi PT. INKA yang memberi kuliah ke UNY. Juga dikembangkan potensi kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat bersama sebagai wujud tridharma perguruan tinggi.

Program roadshow kerja sama PT INKA (Persero) dengan Perguruan Tinggi merupakan salah satu bentuk upaya perusahaan dalam memenuhi kompetensi serta resources yang dibutuhkan dalam menjawab perubahan sosial, budaya, dan kemajuan teknologi yang pesat melalui kerja sama pendidikan dengan perguruan tinggi. Keberhasilan program ini tidak dapat dilepaskan dari peran perguruan tinggi yang akan mendukung dalam peningkatan keterampilan maupun transfer knowledge dan sharing resource dalam memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja sehingga link and match antara perguruan tinggi dengan perusahaan dapat diwujudkan. Kegiatan diakhiri dengan pertukaran cenderamata antara PT. INKA dengan UNY. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam sustainable development goals pada bidang pendidikan dan kemitraan. (Dedy)