Sinergi dan Kolaborasi dalam Perjanjian Kerja Bersama UNY dengan Kementerian Desa dan PDTT

1
min read
A- A+
read

"UNY memiliki program UNY Mbangun Desa, dimana saat ini sebagai pioneer adalah Kampung Krapyak IX yang berada di Margoagung, Seyegan, Kabupaten Sleman. Sebagai salah satu agenda Dies Natalis ke-59, telah dilangsungkan soft launching Kampung Emas Seyegan pada hari Sabtu (14/5) kemarin dan dihadiri oleh Bupati Sleman. Hal ini bisa membuka peluang kolaborasi dari Kementerian Desa dan PDTT Untuk ikut dalam program tersebut". Itulah sepenggal sambutan dari Wakil Rektor bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. dalam mengawali kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara UNY dengan Kementerian Desa dan PDTT, Rabu (17/5) di Ballroom UNY Hotel.

Sambutan dari Kementerian Desa dan PDTT disampaikan oleh Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Ir. Harlina Sulistiyorini, M.Si. yang memperkenalkan dan menjelaskan tentang program TEKAD atau Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu yang dimulai tahun 2019. “Program TEKAD merupakan salah satu program pembangunan desa yang penting dan strategis dalam meningkatkan pencapaian desa mandiri dan sejahtera. Diawali dari daerah Papua, memperluas kawasannya ke Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur, bahwa kita fokus ke kawasan Indonesia timur. Selain memperluas sasaran daerah, kami juga memperluas fokus kegiatannya yakni peningkatan kapasitas SDM, pendampingan dan penguatan produk lokal di daerah tersebut.”

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama, dari UNY diwakili oleh Prof. Siswantoyo, sedangkan dari Kemendesa PDTT diwakili oleh Ir. Harlina, dan disaksikan oleh para wakil rektor dan pejabat dari Kementerian Desa dan PDTT yang turut hadir di Ballroom, kemudian dilanjutkan penyerahan cinderamata dari UNY dan sesi foto bersama.

Selepas penandatanganan PKB, dijasikan pemaparan program pengembangan produk-produk unggulan oleh Ari Indarto Sutjiatmo, S.T., M.T. selaku Direktur Pengembangan Produk Unggulan, dilanjutkan pemaparan pengembangan ekonomi dan investasi oleh Drs. Adityawarman Darudono selaku Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi dan Investasi, dan diakhiri dengan diskusi yang dipandu oleh Dr. Ir. Gunadi, Staf Ahli Wakil Rektor bidang Akademik.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Wakil Rektor, Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Sekretaris Direktorat Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Sekretaris Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Staf Ahli dan Tim ahli Bidang Akademik, Staf Ahli dan Tim ahli  Bidang Pembelajaran, sedangkan dari Kementerian Desa dan PDTT dihadiri oleh Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi & Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Direktur  Pelayanan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Tim Teknis dari UNY dan Kementerian Desa dan PDTT baik secara luring maupun daring melalui Zoom Meeting.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama ini merupakan tindaklanjut dari MoU yang pernah ditandatangani oleh Gus Menteri Desa dan PDTT dengan Rektor UNY. Dengan adanya penandatanganan PKB ini, pria yang akrab disapa dengan sebutan Prof. Sis berharap bahwa kedepannya akan Netes dan Nètès, “harapannya bahwa hal ini akan netes (menetas) yaitu lahirnya PKB-PKB lainnya yang berkelanjutan dari MoU yang dahulu ditandatangani oleh Gus Menteri, sedangkan nètès (menetes) apabila PKB tersebut ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang diaplikasikan kedepannya”.

Penulis: Prasetyo Noviriyanto
Editor: Yuyun Farida

IKU