SINERGI TRIDARMA PERGURUAN TINGGI FT UNY DAN FT UNM

1
min read
A- A+
read

SINERGI TRIDARMA PERGURUAN TINGGI FT UNY DAN FT UNM

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sepakat menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dengan Dekan FT UNM, Prof. Dr. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., di Ruang Sidang KPLT FT UNY (12/11/2021). Selain Dekan, agenda ini juga dihadiri oleh jajaran wakil dekan dan koordinator program studi. Tujuan kerja sama ini adalah untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak guna mengembangkan kerja sama pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan sumber daya manusia. Selain Perjanjian Kerja Sama dilangsungkan juga Rancangan Implementasi Kerja sama antar prodi-prodi FT UNY dan FT UNM untuk pelaksanaan pertukaraan dosen, mahasiswa, review jurnal serta dalam rangka mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Prof. Dr. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain pelaksanaan penandatanganan kerja sama kehadiran mereka ke Yogyakarata juga untuk mendengar secara langsung tentang pengalaman FT UNY dalam proses visitasi virtual kala akreditasi internasional ASIIN. “Sebelumnya kami tentu menyampaikan selamat untuk beberapa prodi FT UNY yang telah berhasil terakreditasi ASIIN secara full-accredited dan pada awal Desember tahun ini beberapa prodi di FT UNM juga akan divisitasi secara virtual sehingga kami melakukan kunjungan ini dengan harapan mendapat berbagai masukan dan sharing pengalaman agar persiapan kami bisa lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran FT UNM yang telah menempuh jarak cukup jauh untuk memperkuat silaturahmi dengan pihaknya. “Terkait akreditasi ASIIN yang menjadi fokus utama adalah Outcome Based Accreditation atau capaian pembelajaran, OBE adalah pendekatan desainn kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada apa yang harus dapat dicapai mahasiswa (attained) pada akhir kuliah. OBE Memfokuskan dan mengatur segala sesuatu pada sistem pendidikan yang ada agar semua mahasiswa dapat berhasil di akhir pengalaman kuliah mereka,” terang Dekan FT UNY.

“OBE berorientasi pada mahasiswa, bukan pada proses, sehingga yang ditekankan dalam OBE adalah ketercapaian mahasiswa,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang menghadirkan Koordinator Program Studi (korprodi) dari FT UNY yang beberapa waktu lalu telah dinyatakan terakreditasi ASIIN sebagai narasumber yakni Korprodi S2 Pendidikan Teknik Mesin, Prof. Dr. Dwi Rahdiyanta, M.Pd., Korprodi S2 Pendidikan Teknik Elektro Dr. Sukir, M.T., Korprodi S2 Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, Dr. Fatchul Arifin, M.T., dan Korprodi S1 Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, Handaru Jati, Ph.D. (hryo)