Sosialisasi dan Promosi UNY di MAN 1 Cilacap

1
min read
A- A+
read

Sosialisasi di MAN 1 cilacap

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan perluasan mandat dari IKIP Yogyakarta. Dengan 7 fakultas dan 1 program pascasarjana UNY siap menjadi universitas kependidikan unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan pada tahun 2025. Untuk menuju kesana serangkaian prestasi telah diperoleh UNY diantaranya dengan menyabet posisi 2 Liga Indikator Kinerja utama (IKU) tahun 2021 dimana dari 8 IKU yang dipertandingkan, UNY mendapat skor tertinggi pada 5 IKU yang diperlombakan. Hal ini disampaikan Pranata Humas Rektorat UNY Dedy Herdito dalam sosialisasi dan wawasan perguruan tinggi di MAN 1 Cilacap, Selasa (12/6) di Aula MAN 1 Cilacap Jl. Kalisabuk. Lebih lanjut diungkapkan bahwa sejak menjadi universitas, UNY diberi keluasan mandat dengan membuka program studi non kependidikan dimana pada era IKIP hanya menyelenggarakan proram studi kependidikan. “UNY memiliki 60 program studi S1 dan 14 program studi D4” katanya. Untuk prodi S1 dapat ditembus melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri sedangkan prodi D4 hanya bisa ditembus melalui jalur Seleksi Mandiri. Pranata Humas Pertama UNY tersebut juga memaparkan bahwa pada tahun 2021 UNY menerima 11.295 mahasiswa baru dengan rincian 1606 mahasiswa D4, 7854 mahasiswa S1, 1539 mahasiswa S2 dan 296 mahasiswa S3. Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu disarankan mendaftar melalui beasiswa KIP Kuliah agar mendapat keringanan biaya dalam  studi lanjut karena tidak perlu membayar Uang Kuliah Tunggal. Warga Gedongtengen Yogyakarta itu menginformasikan bahwa pendaftaran mahasiswa baru UNY dapat membuka laman daftarpmb.uny.ac.id. (Dedy)

Kepala Sekolah MAN 1 Cilacap H. Muslimin Winoto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan perguruan tinggi pada siswa MAN 1 Cilacap. Harapannya dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan minat siswa untuk menempuh studi lanjut. Menurutnya apabila tidak kuliah maka hanya akan menerima bayaran sesuai dengan gaji lulusan SMA, sedangkan bila menempuh pendidikan tinggi akan berbeda. Pada tahun ini terdapat lebih dari 10 siswa MAN 1 Cilacap yang lolos SNMPTN di berbagai PTN. “Dengan berilmu pengetahuan akan mengangkat derajat kita” kata Muslimin Winoto. Hadir dalam kegatan ini Wakil Kepala Sekolah (Waka) bidang kurikulum Masruri, Waka Kesiswaan Agus Sukowo, Waka Humas Sujarwo dan Waka Sarpras Artono Krifandi. 

Antusias peserta nampak pada sesi tanya jawab dimana ada beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan, diantaranya Sofia Abdilla yang menanyakan tentang perbedaan akreditasi unggul dengan akreditasi A, juga keberadaan pondok pesantren sekitar kampus. Sedangkan Zahra Aulia menanyakan tentang KIP kuliah agar bisa belajar secara cuma-cuma. Kegiatan yang dibersamai staf humas uny Khairani Faizah dan Prasetyo Noviriyano tersebut ditutup dengan penyerahan cenderamata.