SWARA WADHANA SABET PENGHARGAAN DI POLANDIA

1
min read
A- A+
read

SWARA WADHANA SABET PENGHARGAAN DI POLANDIA

Paduan Suara Mahasiswa Swara Wadhana UNY kembali menorehkan prestasi internasional di ajang The Prof. Józef Świder International Festival Of Music Polandia secara online pertengahan Desember ini. Swara Wadhana menyabet penghargaan The Most Interesting Interpretation of Sakral Piece dengan lagu Cor Mundum aransemen Gyorgy Orban, The Best Performance of Modern Composer's Piece dengan lagu Atsalums aransemen Jekabs Jancevskis, Gold Medal dengan point 99 dan Grand Prix of The Prof. Józef Świder International Competition of Music (Online Competition). Menurut pembina Paduan Suara Swara Wadhana UNY Driyastuti Yogyaningrum kompetisi ini diikuti oleh 15 tim paduan suara dari berbagai bagian dari Polandia, Indonesia, Ukraina, Belarusia, Slovakia, Latvia dan Republik Cheko  dengan 7 tim paduan suara yang mengikuti kompetisi online dan 8 tim paduan suara mengikuti kompetisi offline memperebutkan Grand Prix Rektor dari Universitas Silesia dan Józefa Świdra Cantus Foundation.

Konduktor Swara Wadhana Lukas Gunawan Arga Rakasiwi mengatakan sejak awal tahun 2021 tim mulai berlatih dan menyiapkan beberapa lagu untuk diikutkan pada kompetisi-kompetisi paduan suara internasional tahun 2021 ini. “Sebetulnya lagu-lagu yang kami latih ini dipersiapkan untuk kompetisi paduan suara internasional di Italia, Hong Kong, dan Taiwan” katanya. Sedangkan untuk kompetisi di Polandia adalah kompetisi yang tidak direncanakan. Rangkaian kompetisi internasional yang diikuti Swara Wadhana UNY sudah berakhir bulan Juli lalu. Alumni S1 jurusan Musik Fakultas Bahasa dan Seni dan S2 Teknologi Pembelajaran Pascasarjana UNY tersebut mengisahkan bahwa pada awalnya dia mendapat tawaran untuk mengikuti Prof. Józef Swider 6th International Festival of Music melalui email dari seorang conductor sebuah paduan suara di Polandia pada bulan Oktober lalu. Arga menawarkan pada PSM Swara Wadhana UNY untuk mempertimbangkan keikutsertaan di kompetisi tersebut. Pada akhirnya kami mengikuti kompetisi ini, dan bersyukur dapat kembali memborong beberapa penghargaan internasional, ungkapnya.

The Prof. Józef Świder International Festival Of Music adalah festival/kompetisi yang bertempat di Cieszlyn Polandia. Kompetisi ini dilakukan secara hybrid yaitu online dan offline dan berlangsung di tanggal 10 – 12 Desember 2021. Dengan rincian tanggal 10 Desember 2021 adalah pelaksanaan kompetisi online, 11 Desember 2021 merupakan pelaksanaan kompetisi secara offline dan konser pada hari terakhir di Cieszyn, Polandia dengan venue di Parafia Ewangelicko-Augsburska w Cieszynie. Kościół Jezusowy, Cieszyn, Polandia. (Dedy)