Uji Kompetensi Beban Kerja Dosen untuk Mencetak Calon Asesor baru UNY

1
min read
A- A+
read

Uji kompetensi BKD

Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan Direktorat Sumber Daya Ditjen DIKTIRISTEK mengadakan kegiatan Acara Workshop Pembekalan dan Uji Kompetensi Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) di Hotel UNY, Selasa, 14 Februari 2023 di Hotel UNY. Hampir seluruh dosen yang terundang oleh Kepegawaian UNY baik yang sudah menyandang label asesor maupun calon asesor  datang dan mengikuti dengan seksama acara tersebut.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Edi Purwanta mengharapkan para dosen yang hadir lulus ujian asesor, sehingga UNY dapat memiliki 250 lebih asesor tidak hanya tingkat UNY, namun juga nasional. “Seorang dosen tidak hanya melakukan 1 kegiatan Tri Dharma saja, misal hanya mengajar atau membuat buku saja. Namun dosen harus dapat memenuhi seluruh kegiatan Tri Dharma perguruan tingginya” kata Edi Purwanta. Hasil kinerja akan dijadikan untuk menentukan naik pangkat dan fungsional dosen, semua kinerja yang dilaksanakan adalah tabungan untuk meningkatkan karier dosen, pungkasnya. Acara tersebut merupakan penyegaran bagi dosen yang menyandang asesor dan pembekalan bagi calon asesor dan diakhiri dengan tes ketrampilan dan tes kompetensi.

Sebagai narasumber pada acara Workshop ini adalah Iwan Winardi, M.Pd., Koordinator Kelompok Substansi Karir Pendidik & Tenaga Kependidikan Direktorat Sumber Daya Ditjen DIKTIRISTEK, Dr. Eng. Zainal Arief, Tim Beban Kerja Dosen (BKD) Ditjen DIKTIRISTEK,  Santi Sayanti Agustina, M.M. Sub Koordinator Karir Pendidik Wilayah II Ditjen. Sumber Daya Ditjen Dikristek, dan Rizky Tito Prasetyo, M.TI Tim Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) Ditjen DIKTIRISTEK.

Diharapkan dengan acara ini, akan melahirkan asesor baru yang nantinya akan menillai tidak hanya menilai di UNY namun juga lintas perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Penulis : Putriana D

Editor : Dedy

IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus